10 Jenis Kemeja Pria untuk Tampilan Keren Sehari-hari

Fashion & Grooming


Hai bro, apakah lo tahu bahwa jenis kemeja pria itu ada banyak macamnya? Sepenting itukah untuk lo memiliki beberapa jenis kemeja?

Begini bro. Ada banyak cara agar lo bisa tampil keren dan menawan di mata orang lain. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan memilih outfit terbaik.

Yang perlu dipahami, outfit terbaik tidak perlu harus mahal. Asalkan bisa memilih style yang sesuai dengan kepribadian, lo akan punya nilai lebih yang tidak dimiliki orang lain.

Di antara banyaknya jenis outfit, kemeja merupakan salah satu setelan yang wajib lo miliki. Alasannya adalah karena bisa digunakan dalam banyak acara, baik itu formal, semi-formal, maupun acara santai.

Selain itu, kemeja juga termasuk jenis produk yang harganya cukup terjangkau. Saat ini, sudah banyak brand dalam maupun luar negeri yang menawarkan jenis kemeja pria dengan kualitas terbaik namun harganya cukup bersahabat.

 

banner-ad

Pentingnya Memahami Perbedaan Jenis Kemeja

Tentunya lo tidak bisa sembarangan memilih kemeja karena ada puluhan jenis yang harus disesuaikan dengan event yang dihadiri. Jika sampai asal-asalan, ada banyak resiko buruk yang tentunya tidak ingin lo alami.

Maka dari itu, pengetahuan tentang jenis kemeja menjadi cukup penting. Lebih jelasnya, simaklah pembahasan dalam poin-poin di bawah ini.

 

1. Tidak Dianggap Salah Kostum

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, syarat utama agar lo bisa tampil modis adalah pintar menentukan style berpakaian. Ketika memilih kemeja, lo perlu menyesuaikan dengan kegunaannya.

Maksudnya, bedakan antara acara formal dan bukan. Kalau misalnya lo adalah seorang pekerja kantoran dan sehari-hari berhubungan dengan aktivitas resmi, maka kemeja formal adalah barang yang harus ada di lemari pakaian.

Tetapi sebaliknya, kalau lo merupakan orang yang suka gaya berpakaian simpel namun tetap ingin terlihat keren, kemeja tipe casual bisa dijadikan pilihan cerdas. Intinya, lo perlu benar-benar paham perbedaan jenis dan fungsi kemeja agar tidak dianggap salah kostum.

 

2. Memunculkan Jati Diri dan Kepribadian

Pemahaman tentang jenis kemeja adalah faktor penting supaya lo gampang menentukan gaya berpakaian. Walaupun secara garis besar kemeja hanya dibedakan menjadi dua jenis yaitu formal dan casual, tetapi ada banyak spesifikasi lain yang tidak boleh diabaikan.

Misalnya saja bentuk kerah, tata letak kancing, warna dan pola kemeja, bentuk lengan, bahan dasar, serta lain sebagainya. Spesifikasi tersebut nantinya akan punya nuansa tersendiri dan bisa merepresentasikan jati diri.

Cukup memakai kemeja dengan tepat, orang-orang sudah bisa menilai bagaimana sejatinya kepribadian yang lo miliki. Maka dari itu, sebaiknya pahami dulu karakteristik berbagai jenis kemeja agar tepat ketika berbelanja dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

 

Cek juga: Inspirasi Gaya Berpakaian Pria Korea untuk Sehari-hari

 

Pilihan Jenis Kemeja Pria

Setelah memahami pentingnya mengetahui perbedaan jenis kemeja, selanjutnya lo bisa memilih setelan yang pas. Tinggal sesuaikan saja dengan aktivitas sehari-hari serta budget yang lo miliki.

Supaya lebih jelas, sebaiknya lo simak dulu penjelasan 10 pilihan jenis kemeja terbaik di bawah ini. Check this out!

 

1. Kemeja Formal

Jenis Kemeja Pria untuk Formal

Di antara berbagai jenis kemeja pria, yang satu ini bisa dibilang wajib lo miliki. Untuk menghadiri acara penting dan resmi, outfit kemeja formal merupakan pilihan terbaik.

Kemeja formal atau sering juga disebut dengan dress shirt umumnya bertipe lengan panjang. Lo bisa menggunakannya ketika bekerja kantoran, meeting, atau datang ke jamuan makan malam.

Ada berbagai model kerah kemeja formal, diantaranya runcing, sayap, dan cutaway. Kemudian juga sengaja didesain mampu menahan bentuk baju supaya tidak mudah kusut.

Umumnya kemeja formal hadir dengan pilihan warna soft dan tidak terlalu mencolok. Lo bisa mengkombinasikannya dengan berbagai macam aksesoris supaya terlihat semakin classy misalnya saja dasi, kacamata, serta sepatu pantofel.

Meskipun begitu, ada juga kemeja formal yang didesain lebih stylish tanpa perlu menggunakan aksesoris dan jas. Contohnya seperti kemeja Calibre series dari Qlob di bawah ini.

Kemeja Pria Calibre S2 Hitam LS 1 Qlob
Sumber: Qlob

Kemeja tersebut dibuat dengan menggunakan bahan katun. Ciri utamanya adalah kainnya tidak menerawang, halus, adem bagi pemakainya, mudah menyerap keringat, serta gak gampang kusut. Bila lo tidak suka ribet dengan jas dan pelengkap pakaian formal lain, maka kemeja seperti ini lebih cocok untuk lo pakai bro.

 

2. Kemeja Batik

Kemeja Pria Andromeda LS V.1_2 Qlob
Sumber: Qlob

Jenis kemeja pria berikutnya yang bisa lo coba adalah kemeja batik. Pilihan baju yang satu ini mungkin sudah tidak asing karena memang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia.

Salah satu rekomendasi kemeja batik dari gw adalah kemeja batik Andromeda lengan panjang dari Qlob seperti yang terlihat di atas. Bahannya dari katun premium yang dilapisi furing. Jadinya, kemeja tersebut gak bikin lo kepanasan dan tetap nyaman digunakan.

Kemeja batik adalah pilihan cerdas saat lo menghadiri acara pernikahan teman dan kerabat. Bahkan beberapa kantor dan instansi, baik itu swasta maupun pemerintahan menjadikan batik sebagai seragam resmi.

Hal tersebut disebabkan karena pakaian ini identic dengan kepribadian bangsa Indonesia dan juga punya banyak keunggulan. Selain terlihat berwibawa, lo juga bisa memunculkan sisi maskulin.

Ada banyak motif yang bisa lo pilih, biasanya tiap-tiap daerah punya ciri khas corak tersendiri. Kemeja batik juga tidak perlu dipadukan dengan aksesoris yang berlebihan.

Cukup dengan setelan kemeja batik lengan panjang ditambah dengan celana kain hitam serta sepatu pantofel, lo sudah bisa menghadiri event-event penting tanpa harus terlihat kaku.

 

3. Kemeja Oxford

Kemeja Pria Koko Panjang Oxford Biru Muda 1 Qlob
Sumber: Qlob

Mungkin nama kemeja ini terdengar sedikit unik. Oxford diambil dari kain yang digunakan sebagai bahan utama pembuat kemeja ini.

Kemeja oxford merupakan salah satu setelan klasik yang sudah digunakan lebih dari 100 tahun. Ciri khasnya adalah tekstur kain yang tebal, desain kancing kerah, serta adanya gantungan di bawah kerah belakang.

Salah satu rekomendasi gw untuk kemeja oxford adalah kemeja lengan biru panjang dari Qlob seperti contoh foto di atas. Berhubung bahannya dari katun, lo gak akan gampang kepanasan.

Setelan ini cukup aplikatif dan serbaguna. Maksudnya, lo bisa menggunakannya untuk acara formal maupun semi-formal. Lo juga bisa memadukannya dengan celana chino ataupun jeans.

Oh ya, sebaiknya lo tidak memadukan kemeja oxford dengan jas karena nuansa casual yang muncul menjadi tidak sinkron dengan gaya formal setelan jas.

 

4. Kemeja Flannel

Contoh kemeja pria: Kemeja flannel kotak
Sumber: hisstylediary.com

Jika pembahasan sebelumnya fokus kepada pilihan kemeja formal, yang berikutnya ini bisa lo jadikan referensi untuk memilih style berpakaian casual. Beberapa tahun terakhir, kemeja flannel cukup populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda.

Sebenarnya, jenis kemeja ini dulunya identik dengan pekerja lapangan atau mereka yang berurusan langsung dengan pekerjaan kasar. Maka dari itu, kemeja flannel memiliki tekstur tebal dan diharapkan mampu lebih menahan udara dingin.

Yang menjadi ciri khas flannel adalah motif kotak-kotak dan bahan kain yang lembut. Saat ini, kemeja flannel sudah menjadi pilihan utama style para pria.

Selain karena nyaman digunakan, lo juga akan terlihat lebih modis. Cukup dipadukan dengan kaos polos tanpa perlu dikancing, kesan yang akan lo dapatkan adalah simpel tanpa perlu mengesampingkan nuansa casual.

 

5. Kemeja Denim

Macam kemeja pria: Kemeja denim
Sumber: the-style-guide.com

Jenis kemeja yang selanjutnya ini juga disukai banyak pria. Lo mungkin sering melihat orang-orang di sekitar memakai kemeja denim sebagai gaya berpakaian sehari-hari.

Denim memanglah bahan yang sangat nyaman dipakai di berbagai kegiatan. Maka dari itulah oleh para produsen, denim disulap menjadi berbagai outfit, mulai dari kemeja, celana, jaket, hingga topi.

Kemeja denim memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Karena Indonesia memiliki iklim tropis, saran gw carilah bahan yang tidak terlalu tebal supaya tidak membatasi ruang gerak lo dan sirkulasi udaranya lebih lancar.

Kesan yang akan lo dapatkan adalah casual dan sisi maskulinitas menjadi lebih terekspos. Kemeja denim cocok dipadukan dengan kaos dan lo bisa membuka kancingnya secara keseluruhan.

Agar semakin keren, coba gulung bagian lengan sampai siku. Jangan lupa untuk memakai sepatu sneakers sebelum lo hangout bersama teman-teman.

 

Cek juga: Berbagai Jenis Bahan Kaos yang Sebaiknya Lo Ketahui

 

6. Kemeja Chambray

Tipe kemeja chambray
Sumber: hiconsumption.com

Banyak orang salah persepsi dan mengira kemeja chambray sama saja dengan kemeja denim karena memang kenampakannya cukup mirip. Padahal sebenarnya, dari bahan dasarnya saja jelas berbeda.

Kemeja chambray dibuat dengan kain tenun polos sehingga menghasilkan produk pakaian yang lebih ringan jika dibandingkan dengan denim. Oleh sebab itu, chambray menjadi sangat nyaman dipakai dan tidak cepat membuat gerah.

Jenis kemeja yang satu ini cocok lo gunakan untuk berbagai acara, misalnya saja travelling, kuliah, atau sekedar hangout. Cukup mudah juga untuk mengkombinasikannya dengan outfit lain.

Tipsnya, sebaiknya lo pilih warna celana yang kontrasnya jelas. Misalnya saja lo pilih bawahan celana chino berwarna soft supaya terlihat lebih easy going.

 

7. Kemeja Overshirt

Jenis kemeja pria unik: kemeja overshirt
Sumber: apetogentleman.com

Kalau lo bingung mencari jenis kemeja yang cocok dipakai dalam berbagai cuaca, kemeja overshirt bisa dijadikan solusi tepat. Jenis kemeja ini bertekstur tebal sehingga sering juga disebut sebagai jaket ringan.

Saat cuaca hangat, kemeja overshirt cukup baik mensirkulasikan udara sehingga lo tidak mudah gerah. Kemudian ketika cuaca dingin, kemeja ini bisa dijadikan alat penghangat badan.

Untuk memadukannya dengan outfit lain pun cukup mudah. Cukup dengan kemeja overshirt ditambah kaos putih dan sepatu boots, lo sudah terlihat keren dan modis.

 

8. Kemeja Linen

Kemeja Linen Pria
Sumber: thefashionableman.com

Kemeja linen sangat cocok untuk mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Dengan tekstur yang ringan dan berpori, membuat lo lebih merasa sejuk dan juga cepat menguapkan keringat.

Dibandingkan kemeja formal, linen mempunyai lebih banyak variasi warna. Kalau lo adalah tipe orang yang colorful dan suka bereksperimen, tidak ada salahnya mencoba kemeja linen warna pastel misalnya.

Kemeja linen juga cukup serbaguna karena lo bisa memakainya di acara santai dan semi-formal. Cukup padukan saja dengan celana kain atau jeans maka lo sudah siap melakukan aktivitas sehari-hari.

 

9. Kemeja Lengan Pendek

Kemeja Pria Qlob Kotak Merah Pendek
Sumber: Qlob

Terlihat keren dan modis tidak melulu harus memakai kemeja lengan panjang. Lengan pendek pun juga pantas asalkan lo memilih secara tepat.

Mungkin banyak anggapan bahwa kemeja lengan pendek hanya cocok dipakai orang tua saja. Stigma semacam ini sudah seharusnya mulai lo tinggalkan karena kini produsen brand pakaian telah menghadirkan desain kemeja lengan pendek yang match dipakai anak muda untuk bekerja atau sekedar hangout.

Salah satu rekomendasi gw untuk kemeja lengan pendek adalah kemeja Gingham series dari Qlob seperti foto di atas. Bahannya dari katun dan gak tebal, jadi gak akan bikin gerah juga.

Pemilihan bahan katun sangat penting di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Pilihan kemeja ini tentunya membuat lo semakin nyaman ketika bergerak dan tidak terkesan terlalu kaku.

Ada cukup banyak desain yang bisa dipilih, baik itu kemeja lengan pendek bermotif ataupun polos dengan warna-warna tertentu. Yang jelas, lo bisa mengaplikasikan pakaian ini dalam berbagai acara tanpa khawatir dicap salah kostum.

 

10. Kemeja Hawaii

Contoh kemeja hawaii pria
Sumber: avanthishirts.com

Rekomendasi jenis kemeja yang terakhir adalah kemeja Hawaii. Kemeja ini sering juga disebut dengan kemeja pantai dan punya nuansa santai yang kental.

Sebenarnya kemeja Hawaii termasuk dalam gaya berpakaian old school. Namun sejak tahun 2000-an awal, style ini mulai dilirik kembali khususnya oleh para anak muda.

Ciri khas kemeja Hawaii adalah kerah terbuka dan jauh dari kesan formal. Motifnya pun lebih berwarna, contoh paling umum adalah motif bunga dengan background warna terang.

Kemeja Hawaii cocok buat lo yang tidak suka ribet berurusan dengan gaya berpakaian dan selalu mengedepankan style casual. Saran gw, coba pilih kemeja Hawaii yang sedikit oversized agar lebih nyaman digunakan ketika travelling bersama orang-orang terdekat.

 

Cek juga: Tips Memilih Scrub Wajah Pria

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai jenis kemeja pria yang bisa lo gunakan sehari-hari.

Gunakan jenis pakaian yang tepat tergantung aktivitas atau suasana untuk memaksimalkan penampilan lo bro. Selain itu, pastikan lo memadupadankan kemeja yang akan lo kenakan dengan celana yang tepat juga.

Celana pria juga ada banyak jenisnya bro. Lo bisa cek di sini untuk berbagai jenis celana pria yang umum digunakan sehari-hari.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar jenis kemeja pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

The post 10 Jenis Kemeja Pria untuk Tampilan Keren Sehari-hari appeared first on Mas-Kulin.com.