4 Cara Format Flashdisk di Windows 10, Mudah Dilakukan

Tech & Otomotif



SEBAGIAN orang memilih memformat flashdisk miliknya jika mengalami masalah atau sekadar ingin menghapus data di dalamnya. Ada juga yang beralasan melakukannya untuk memastikan flashdisk tidak berisi kode berbahaya.

Terkadang ketika coba memasukkan flashdisk akan muncul pesan “data corrupted” atau data sudah rusak. Selain itu, masalah sistem file yang tidak kompatibel dengan perangkat juga sering terjadi dalam beberapa kasus. Saat ini masalah seperti itu dapat diatasi pada Windows 10.

Baca juga: Flashdisk Pertama di Dunia Miliki Kapasitas Penyimpanan 8 MB

Dilansir dari Windows Central, Minggu (22/11/2020), memformat flashdisk pada Windows 10 dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut di antaranya.

banner-ad

1. Gunakan File Explorer

Pertama yang harus dilakukan adalah membuka File Explorer dan klik pada This PC. Kemudian klik kanan pada USB Drive dan pilih opsi Format. Pada menu “File System” pilih opsi NTFS. Selanjutnya dalam menu drop-down “Allocation unit size” gunakan pilihan default.

Pada kolom Volume Label, masukkan label untuk mengidentifikasi flash drive dan pilih opsi format cepat. Setelah menyelesaikan langkah ini, flashdisk dapat digunakan kembali untuk menyimpan berbagai dokumen.

Baca juga: Sebelum Flashdisk, Ketahui Perkembangan Perangkat Penyimpanan Floppy Disk 

2. Melalui Disk Management

Ada dua versi yang dapat dilakukan untuk membersihkan flashdisk dengan cara ini. Pertama, klik kanan pada Start dan pilih Disk Management. Kedua, klik kanan pada drive, klik Format dan ikuti langkah yang sama seperti File Explorer sebelumnya.

3. Format flash drive USB dengan Command Prompt

Temukan Command Prompt melalui Menu Start, klik kanan dan pilih “Run as Administrator”. Ketik perintah berikut ini untuk melakukan format cepat flash drive USB:

Format VOLUME: / v: FLASHDRIVE-LABEL / fs: FILE-SYSTEM / q

Pada perintah tersebut, pastikan Anda mengganti “VOLUME” dengan huruf drive penyimpanan yang benar, “FLASHDRIVE-LABEL” dengan nama yang Anda inginkan untuk drive tersebut, “FILE-SYSTEM” dengan salah satu sistem file, FAT32, exFAT, atau NTFS.

Baca juga: Yuk! Kenali Fujio Masuoka, sang Penemu Flashdisk

4. Format flashdisk menggunakan PoweShell

Guna melakukan format cepat pada flash drive, ikuti langkah yang sama seperti Command Prompt sebelumnya. Ketik perintah berikut ini.

Format-Volume-DriveLetter DRIVE-LETTER -FileSystem FILE-SYSTEM

Pastikan untuk menambahkan huruf yang sesuai setelah “Drive Letter” dan “File System” NTFS.

Baca juga: Mengenal NAND, Flashdisk Pertama di Dunia