Apa Sih Artinya Mata Elang? Apa Benar Pekerjaan Mereka Ini Ilegal?

Food & Travel



Cicilan kredit kendaraan macet, tukang tagih pun bertindak! Sepertinya sudah menjadi ‘hukum’ tak tertulis kepada siapa saja yang bermasalah dengan kredit kendaraannya, siap-siap saja disambangi berhadapan dengan tukang tagih yang sering dijuluki Mata Elang.
Kadang kita suka ciut karena mereka ini biasanya bersosok menyeramkan, berwatak kasar, dan suka melayangkan ancaman-ancaman tertentu.
Kenapa dijuluki Mata Elang?
Kenapa orang-orang ini mendapat julukan Mata Elang? Kenapa bukan Mata Macan atau Mata Ular?
Pada dasarnya karena diibaratkan mata mereka tajam saat melihat plat nomor setiap kendaraan yang lewat.
Mereka ini biasanya outsourcing yang diupah leasing/bank untuk mengejar para debitur yang menunggak cicilan dan susah ditemui itu.
Seperti apa ciri-ciri mereka?
Ciri-ciri Mata Elang ini gampang dikenali. Misalnya saja kalau berkendara di Jalan Pos Pengumben, Jakarta Selatan, pada jam tertentu ada sekelompok orang bergerombol. Jumlahnya bisa berempat sampai berenam.
Tatapan mata mereka tertuju pada nomor polisi kendaraan yang lewat. Sesekali membuka buku sebundel yang dibawanya. Jika nomor polisi sesuai dengan yang tertera di buku, mereka langsung buru-buru mengejar.
Tak peduli alasan pemilik, mereka harus ‘menguasai’ kendaraan dan membawanya pergi. Itulah tugas para Mata Elang ini. Oh ya, buku itu berisi data-data debitur seperti merek, nopol, dan warna kendaraan.
Apa yang mereka lakukan?
Jadi mereka turun ke jalanan karena mendapatkan limpahan tugas dari leasing/bank yang ingin mengambil kendaraan tertentu dengan kondisi seperti ini.

Pemilik atau debitur sulit dicari.
Kendaraan sudah berpindah tangan (dijual) dan tidak diketahui keberadaannya.
Kendaraan dalam kondisi sedang digadaikan.
Kendaraan sudah tidak terlacak.

Jasa Mata Elang dipakai begitu pihak kreditur atau pemberi kredit juga sudah merasa putus asa untuk menagih secara prosedural, sedangkan pihak debitur tetap membandel…. KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

The post Apa Itu Mata Elang dan Cari Tahu Legalitas Profesi Ini appeared first on Lifepal Media.