Bagaimana Cara Mencairkan Bilyet Giro?

Food & Travel



Bagaimana ya cara mencairkan bilyet giro? Setiap nasabah yang memegang rekening giro pastinya akrab dengan bilyet giro. Instrumen pembayaran nontunai tersebut menjadi opsi nasabah dalam melakukan transaksi.
Walaupun dari dulu udah ada, rupanya masih banyak orang yang belum tahu persis tentang bilyet giro dan cara mencairkan bilyet giro.
Bisa dimaklumi sih kenapa gak banyak orang yang tahu. Sebab penggunaannya kurang populer di tengah-tengah masyarakat.
Berhubung belum banyaknya penjelasan mengenai cara mencairkan bilyet giro, Lifepal udah bikin ulasannya nih buat kamu. Yuk, disimak!
Apa itu bilyet giro?
Seperti definisi yang disampaikan Bank Indonesia (BI), bilyet giro adalah surat perintah dari nasabah rekening giro kepada bank buat memindahbukukan dana dari rekening yang bersangkutan ke rekening pemegang yang disebutkan namanya.
Secara fisik, bilyet giro berwujud selembar kertas yang menyerupai cek. Walaupun sama-sama berbentuk lembaran kertas dan digunakan pemilik rekening giro, bukan berarti keduanya punya fungsi yang sama lho.
Perbedaannya dengan cek yang paling kelihatan dari keduanya adalah giro diharuskan mencantumkan siapa Penerima beserta rekeningnya. Sementara cek gak selalu mencantumkan si penerima.
Penggunaannya sendiri telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/41/PBI/2016 tentang hal tersebut. Dalam aturan tersebut, disampaikan dengan jelas ketentuan seputar instrumen pembayaran nontunai ini.
Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan nasabah rekening giro dalam menggunakan instrumen pembayaran nontunai ini.

Penggunaannya bertujuan buat pemindahbukuan.
Instrumen pembayaran ini gak bisa dipindahtangankan.
Cuma berlaku buat transaksi mata uang rupiah.
Wajib ditulis dalam bahasa Indonesia.

Syarat-syarat bilyet giro agar sah digunakan
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi supaya giro bisa sah digunakan. Satu aja syarat tersebut gak terpenuhi, bank bisa menolak melakukan perintah yang tertulis dalam instrumen pembayaran nontunai ini…. KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

The post Cara Mencairkan Bilyet Giro [Plus Cara Membatalkannya] appeared first on Lifepal Media.