Begini Cara Beli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan

Food & Travel


Kartu BPJS Kesehatan ternyata gak hanya dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan seperti rawat inap dan rawat jalan saja. Pasalnya, beli kacamata BPJS Kesehatan bisa juga, lho!

Meski begitu, perlu diingat kalau manfaat beli kacamata BPJS ini bisa kita peroleh dengan cara mendaftarkan diri dan membayar iuran bulanan secara rutin. 

Mulanya iuran BPJS Kesehatan berkisar dari Rp25 ribu hingga Rp80 ribu per bulan. Namun pada tahun 2020 terjadi kenaikan hingga seratus persen dengan besaran sebagai berikut: 

  • Fasilitas kelas I iuran Rp160 ribu per orang per bulan. 
  • Fasilitas kelas II iurannya Rp110 ribu per orang per bulan. 
  • Fasilitas kelas III iurannya Rp42 ribu per orang per bulan. 

Penggunaan kartu BPJS Kesehatan pun sangat mudah. Tinggal membawa kartu tersebut ke fasilitas kesehatan (Faskes) yang telah dipilih pada awal pendaftaran BPJS Kesehatan. Selanjutnya, kita bisa dapat pelayanan kesehatan deh.

Sebelum membahas prosedur membeli kacamata BPJS, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kondisi seperti apa saja yang mengharuskan seseorang memakai kacamata.

Gangguan kesehatan pada mata

Beberapa di antara teman, saudara dan keluarga kita mungkin sudah banyak yang memakai kacamata dengan alasan kesehatan. 

banner-ad

Nah, seperti apa sih gangguan kesehatan pada yang menyebabkan mereka berkacamata?

Miopi (rabun jauh)

Gangguan yang pertama adalah miopi, banyak dialami banyak orang. Biasanya sih mereka menyebut miopi sebagai mata minus. Mengapa demikian?

Miopi adalah kelainan refraksi mata yang menyebabkan penglihatan jadi kabur apalagi saat melihat sesuatu yang jauh. Baik anak-anak maupun orang dewasa, sekarang sudah banyak yang mengalami rabun jauh. 

Gejala yang biasa timbul dari miopi ini adalah sakit kepala, mata lelah, sering memicingkan mata untuk melihat benda yang jaraknya jauh, sering berkedip, dan sering mengusap serta mengucek mata. Penyebab itu semua adalah, bola mata yang lebih panjang dari biasanya, jadi fokus cahaya ke retina gagal.

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

The post Begini Cara Beli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan appeared first on Lifepal Media.