Berapa Sih Besaran Biaya Cek Fungsi Ginjal di Rumah Sakit?

Food & Travel


Cek fungsi ginjal menjadi hal yang penting untuk dilakukan bagi semua semua orang, apalagi bagi pengidap penyakit diabetes. Jika dilakukan secara berkala, ini menjadi sebuah upaya untuk menunjang mobilitas manusia sehari-hari, lantas berapa sih biaya cek fungsi ginjal saat ini di rumah sakit pada umumnya? 

Kita tahu bahwa fungsi ginjal sendiri seakan-akan layaknya mesin utama dalam tubuh manusia. Jika terjadi kerusakan pada ginjal, metabolisme tubuh juga akan terganggu. Bagi kamu yang peduli dengan kesehatan, pastinya sudah mengantongi asuransi kesehatan untuk memeriksa fungsi ginjal.

Meski pengecekan ginjal sangat penting dilakukan, banyak orang cenderung takut dengan biaya yang harus dikeluarkan. Konon, biaya cek fungsi ginjal di Indonesia cukup mahal. Apakah itu benar? Mari kita cek!

Biaya cek fungsi ginjal sangat bervariasi, tergantung pada frekuensi dan jenis tes, serta rumah sakit penyelenggara. Tentunya, rumah sakit swasta akan jauh lebih mahal daripada rumah sakit yang disubsidi oleh pemerintah seperti RSUD, RSUP, dan sebagainya. 

Rumah sakit swasta di Indonesia memiliki rentang biaya Rp40 ribu hingga Rp300 ribu untuk melakukan cek fungsi ginjal. Hal tersebut juga sama seperti halnya di Malaysia rentan biaya cek fungsi ginjal mulai Rp600 ribu. Apabila anda berencana melakukan cek fungsi ginjal, sebaiknya menyiapkan uang 20%-30% lebih banyak untuk berjaga-jaga.

Apa itu fungsi ginjal?

Penting untuk mengetahui fungsi ginjal agar kita sadar untuk melakukan pemeriksaan berkala. Selain itu, kita juga memiliki kesadaran untuk terus menjaga fungsi ginjal agar aktivitas sehari-hari tidak terkendala oleh masalah metabolisme tubuh. 

banner-ad

Dalam kondisi normal, manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang rongga perut (retroperitoneal). Organ ini berfungsi untuk membuang zat sisa serta kelebihan cairan dari dalam darah. 

Selain itu, ginjal juga bekerja untuk menjaga keseimbangan kadar mineral dalam tubuh, serta membantu proses pembentukan vitamin D, sel darah merah, dan hormon yang mengatur tekanan darah. Untuk pemeriksaan ini memang akan membutuhkan biaya yang gak cukup sedikit, maka itu penting asuransi kesehatan untuk menjamin kesehatan fungsi ginjal. 

Apa tujuan pemeriksaan ginjal?

Pemeriksaan dilakukan untuk melihat seberapa baik fungsi ginjal manusia. Selain itu, tindakan ini dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan pada organ tersebut. Dua elemen penting dari tubuh manusia yang akan digunakan untuk menunjang pemeriksaan ini adalah darah dan urine.

Petugas kesehatan akan membantu mengambil sampel darah dan urine yang nantinya diserahkan hasilnya setelah menjalani pemeriksaan di laboratorium. Sebenarnya anda tidak perlu melakukan pemeriksaan berkala. Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan, sehingga menjadi acuan untuk melakukan cek fungsi ginjal. 

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

The post Berapa Sih Besaran Biaya Cek Fungsi Ginjal di Rumah Sakit? appeared first on Lifepal Media.