Cara Hidupkan Mesin CR-V Terbaru dari Jauh

Tech & Otomotif


Remote Engine Start CR-V Terbaru
Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo sebagai tipe tertinggi memiliki fitur remote engine start. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Jakarta – Honda CR-V terbaru yang meluncur belum lama ini dilengkapi sejumlah fitur canggih. Bukan cuma Honda Sensing, tapi ada juga yang dinamakan Remote Engine Start.

Pada dasarnya fitur ini berguna untuk menyalakan mesin mobil dari jauh.

Alasan pemilik mobil ingin melakukannya dalam penggunaan sehari-hari adalah memberi waktu AC menyesuaikan suhu di dalam kabin.

Tapi ini hanya berlaku jika pemilik mematikan mesin mobil dengan posisi AC menyala sebelumnya.

Baca Juga: 

Menurut sejumlah literatur, fitur Remote Engine Start bisa bekerja hingga jarak 30 meter, dengan catatan tidak ada objek yang menghalangi.

banner-ad

Carmudi mencoba fitur ini dengan jarak yang relatif dekat sekitar 2 meter tanpa ada objek yang menghalangi, fungsinya berjalan dengan lancar.

Menghidupkan Mesin CR-V Terbaru Pakai Remote

Untuk menyalakan mesin, langkahnya adalah menekan tombol Lock pada remote (gambar gembok tertutup) satu kali. Lalu tekan tombol Engine Hold (gambar lingkaran dengan tanda panah) sekitar lima detik.

Lakukan kedua langkah secara kontinu tanpa ada jeda yang terlalu lama. Lampu sein akan menyala satu kali sebagai tanda mobil menerima perintah, setelah itu mesin pun menyala.

Fitur Remote Engine Start bukan hanya bisa digunakan untuk menyalakan mesin, namun termasuk untuk mematikannya.

Katakan bila pemilik batal melakukan perjalanan dengan mobilnya. Tanpa harus masuk ke dalam kabin, ia tetap bisa mematikan mesin dengan remote.

Untuk mematikan mesin, lakukan langkah yang sama. Lagi-lagi lampu sein akan berkedip sebagai tanda mobil menerima perintah kemudian mesin akan mati sendirinya.

Dengan adanya fitur ini pemilik tak perlu lagi merasa kegerahan masuk ke kabin mobil yang panas di siang hari.

Baca Juga: 

Sayangnya, tak semua tipe Honda CR-V terbaru dibekali fitur ini. Melainkan hanya tersedia untuk tipe tertinggi, yaitu New Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo yang ditawarkan dengan harga Rp577 juta.

Secara keseluruhan Honda CR-V terbaru hadir dalam tiga tipe.

Selain yang sudah disebut, sisanya adalah New Honda CR-V 2.0L i-VTEC harga Rp489 juta dan New Honda CR-V 1.5L Turbo harga Rp522,5 juta.

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas