Cari Mobil Keluarga yang Murah? Nih Pilihan di Bawah Rp 100 Juta

Tech & Otomotif


Toyota Avanza masuk kategori mobil keluarga yang murah

Mencari mobil keluarga murah irit dan nyaman butuh proses pencarian yang ketat. Namun tenang saja, kalian yang punya budget pas-pasan bisa membawa pulang mobil dengan harga di bawah Rp 100 Juta. Sekalipun kondisinya bekas, namun masih punya kualitas.

Faktor yang harus diperhitungkan yaitu nantinya mobil bukan cuma dipakai oleh kamu sendiri. Namun, mobil tersebut juga harus mendukung aktifitas anggota keluarga lainnya.

Pertimbangan yang ada di benak Anda ketika memilih mobil keluarga yang murah irit dan nyaman, sebenarnya tidak terlalu sulit. Sekarang ini, dengan uang maksimal Rp 100 juta kalian bisa membeli MPV atau LCGC bekas.

Persoalannya hanyalah pada tahun atau usia kendaraan saja. Selain LCGC, mobil keluarga di rentang harga tersebut sudah masuk kategori setengah tua.

Setidaknya, kita bisa mendapatkan mobil berusia 10 tahunan. Walau bukan keluaran baru, banyak motuba alias mobil tua bangka bekas berkualitas. Kondisinya masih bandel dan tidak rewel.

Apa saja mobil yang dijual pada kisaran harga tersebut? Yuk kita ulas lebih jauh di bawah ini.

banner-ad

Toyota Avanza – Daihatsu Xenia, Primadona Mobil Keluarga Murah

Avanza generasi awal kini harganya terjangkau. Foto/Istimewa.

Toyota Avanza disebut sebagai mobil sejuta umat. Jelas saja karena mobil keluaran Toyota ini masih banyak dicari orang hingga sekarang. Dengan harga di bawah Rp 100 juta, kalian bisa memilih Toyota Avanza bermesin 1.300 cc generasi pertama.

Kelebihan dari Avanza generasi pertama yaitu mesin yang hemat bahan bakar. Bahkan, Avanza 1.3 liter ini menjadi varian yang terlaris di Indonesia.

Anda dapat menemukan mobil bekas ini di pasaran mulai harga Rp75 juta untuk Avanza tipe G manual 2005. Sementara itu untuk tipe E dan S produksi tahun yang sama, harganya berkisar antara Rp 80 sampai 100 juta.

Sementara itu kembaran Avanza, Daihatsu Xenia yang memiliki kapasitas mesin yang lebih rendah juga kerap dijadikan buruan. Pilihan Daihatsu Xenia bermesin 1.000 cc bahkan lebih terjangkau. Kisaran harga untuk mobil bekas Xenia tipe Li, Mi, dan Xi bermesin bisa Anda dapatkan mulai Rp70 jutaan.

Toyota Kijang Innova Generasi Awal, Kini Sudah Cukup Terjangkau

Kijang Innova cukup layak sebagai mobil keluarga masa kini

Kalian yang ingin tampil lebih berkelas namun duit ngepas, Kijang Innova generasi awal adalah pilihan yang pas. Kijang Innova cocok dijadikan pilihan orang-orang yang sudah berkeluarga karena kabinnya yang besar.

Kijang Innova bekas yang umum ditemukan ialah tipe G atau V bermesin bensin keluaran 2005 sampai 2008. Harganya berkisar antara Rp90 juta hingga Rp100 juta.

Pilihan ini kami rasa cukup menarik dan pas mengingat kasta dari Kijang Innova yang sudah semakin mewah. Durabilitas Kijang menjadi bagian dari kesuksesan mobil ini.

Meskipun sudah berumur, namun spare part Kijang Innova bisa dengan mudah ditemukan hingga di kota kecil. Dengan nama besar Toyota, harga jual kembali mobil ini tetap stabil di pasar mobil bekas.

Isuzu Panther, Mobil Keluarga Bermesin Diesel

Kekurangan Isuzu Panther
Panther Grand Touring

Mobil yang satu ini seolah harus ada di setiap tema mobil keluarga, berapapun rentang harganya. Mesinnya yang bandel serta efisiensi bahan bakar yang terkenal irit menjadi salab satu keunggulan mobil ini.

Sejak tahun 1990-an, Isuzu Panther merupakan mobil yang diminati masyarakat Indonesia karena terkenal kuat dan tahan segala medan. Kalian yang memiliki budget Rp85 hingga 100 juta, bisa memilih Isuzu Panther generasi ke-3 alias New Panther produksi tahun 2000-2004.

Pada edisi ini terdapat varian Panther Touring yang telah menggunakan sistem transmisi otomatis dan mesin turbo diesel.
New Panther dibekali mesin yang tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya yaitu mesin berkode 4JA1 berkapasitas 2.5 liter (2.500cc) OHV Direct Injection. Tenaga yang bisa dihasilkan sebesar 86 hp/3.900 rpm.

Konsistensi tinggi Isuzu Panther dalam menggunakan mesin diesel patut diacungi jempol. Mesin diesel konvensional memiliki torsi yang besar. Selain itu didukung harga solar di Indonesia yang lebih murah ketimbang harga bensin.

Panther juga punya performa mesin yang mantap, kabin yang lapang dan nyaman, serta kapasitas bagasi yang cukup lega. Suspensi empuk menjadi keunggulan lainnya dari Panther.

Nissan Grand Livina, Mobil Keluarga Murah Rasa Estate

masalah nissan grand livina
(Nissan Grand Livina XV 2008)

Kalian yang ingin memiliki mobil keluarga dengan kabin yang lega, ada Nissan Grand Livina. MPV ini bisa kamu pilih karena memiliki kapasitas 7-penumpang.

Grand Livina didukung mesin yang bertenaga dengan pilihan tipe 1.5 dan 1.8 liter. Eksteriornya tidak ketinggalan zaman dan interiornya tetap menarik, tak kalah dibandingkan dengan pesaingnya yang keluaran baru.

Sayangnya, Nissan Grand Livina memiliki ground clearance yang termasuk rendah seperti sedan. Namun untuk penggunaan sehari-hari, hal ini tak menjadi masalah. Malah, desain yang rendah tapi panjang jadi mirip seperti estate atau station wagon.

Kelebihan dari Grand Livina yaitu pada suspensi yang cukup nyaman dan empuk. Harga pasaran Grand Livina kini cukup terjangkau, kisaran Rp 80 jutaan.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana