Daftar Wilayah yang Bisa Tentukan Arah Kiblat saat Nadir Kakbah Besok

Tech & Otomotif



JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaporkan besok, Jumat (14/1), terjadi fenomena Nadir Kakbah. Ini bisa dimanfaatkan untuk menentukan ulang arah kiblat bagi sejumlah wilayah.

Disadur dari keterangan resmi LAPAN, Kamis (13/1), Nadir Kakbah merupakan fenomena astronomis ketika Matahari berada tepat di nadir (titik terbawah) saat tengah malam.

“Karena bentuk Bumi bulat maka Matahari akan berada tepat di atas titik antipode Kakbah, yaitu titik yang terletak di belahan Bumi yang berawanan terhadap Kakbah, sewaktu tengah hari,” tulis LAPAN.

Sehingga, unjung bayangan Matahari selama pagi, siang, dan sore hari akan mengarah ke kiblat. Momen inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mentukan ulang arah kiblat.

banner-ad

Baca JugaBesok Matahari Tepat di Bawah Kakbah, Perhatikan 3 Hal untuk Tentukan Arah Kiblat

Meski begitu, tidak semua wilayah di dunia bisa memanfaatkan Nadir Kakbah untuk meluruskan arah kiblat. Lalu, wilayah mana saja yang bisa? berikut daftarnya.

1. Timor Leste (kecuali distrik Oecussi),

2. Papua Nugini,

3. Selandia Baru,

4. Sebagian besar Australia,

5. Negara-negara di Oseania,

6. Amerika Serikat,

7. Sebagian besar Kanada,

8. Amerika Tengah,

9. Amerika Selatan.

Di Indonesia sendiri, wilayah yang dapat menggunakan fenomena Nadir Kakbah untuk menentukan arah kiblat, antara lain Maluku (kecuali Pulau Buru), Papua Barat, dan Papua.

LAPAN menjelaskan, Nadir Kakbah akan berlangsung 2 kali dalam setahun. Pada 2022, terjadi tepat 14 Januari pukul 06.29.30 WIT dan kembali berlangsung pada 29 November pukul 06.08.45 WIT.

(amj)