Dari Raducanu Sampai Chang, 10 Juara Grand Slam Paling Mengejutkan

Sports


Ligaolahraga.com –

Berita Tenis: Kemenangan petenis berkebangsaan Inggris, Emma Raducanu di US Open musim 2021 merupakan salah satu kejutan terbesar dalam sejarah dunia tenis.

Petenis berusia 18 tahun, Raducanu melalui babak kualifikasi sebelum menjadi juara US Open, sehingga menjadikannya qualifier pertama yang memenangkan Grand Slam.

Ini adalah 10 juara Grand Slam paling mengejutkan di Open Era:

1. Emma Raducanu –memenangkan US Open 2021

Pada penampilan kedua Raducanu di turnamen paling bergengsi dan menghuni peringkat 150 dunia, ia memenangkan sepuluh pertandingan tanpa kehilangan satu set pun demi menjadi qualifier pertama yang memenangkan gelar Grand Slam di US Open dan menjadi petenis putri Inggris pertama yang memenangkan gelar tersebut sejak Virginia Wade di Wimbledon musim 1977.

banner-ad

2. Goran Ivanisevic –memenangkan Wimbledon 2001

Tiga kali menjadi runner up, Ivanisevic yang menghuni peringkat 125 dunia membutuhkan wildcard untuk turun di Wimbledon musim 2001. Ia tidak menyia-nyiakan peluang tersebut dan mengalahkan Pat Rafter di salah satu final yang akan selalu diingat.

3. Boris Becker –memenangkan Wimbledon 1985

Meskipun Becker memenangkan gelar di Queen’s Club, ia menjadi petenis non unggulan di Wimbledon dan pada usia 17 tahun, ia melalui jalan terjal, tetapi ia tidak menyerah dan mengalahkan Kevin Curren dengan lima set di final untuk memenangkan gelar pertama dari tiga gelar Wimbledon yang ia kantongi.

4. Iga Swiatek –memenangkan French Open 2020

Meskipun Swiatek telah memperlihatkan potensi sebagai petenis junior dengan memenangkan gelar Wimbledon kategori junior, ia tidak difavoritkan untuk memenangkan French Open dan menghuni peringkat 54 dunia. Tetapi petenis berkebangsaan Polandia tampil gemilang, termasuk tidak kehilangan satu set pun dalam perjalanan memenangkan gelar Grand Slam pertama sekaligus gelar turnamen WTA pertama dalam kariernya.

5. Gustavo Kuerten –memenangkan French Open 1997

Belum ada petenis Brazil yang memenangkan Grand Slam selama lebih dari 30 musim sebelum petenis berusia 21 tahun, Kuerten mengguncang Paris dan membawa pulang gelarnya, ketika ia menghuni peringkat 66 dunia yang baru melakoni Grand Slam ketiga dalam kariernya. Setelah itu, ia memenangkan dua gelar French Open lain dan bertengger di peringkat 1 dunia.

6. Mark Edmondson –memenangkan Australian Open 1976

Edmondson belum pernah melampaui babak kedua Grand Slam dan menghuni peringkat 212 dunia ketika turun di Australian Open musim 1976. Tetapi, ia bahkan menaklukkan Ken Rosewall di semifinal sebelum mengalahkan John Newcomb di final dengan empat set.

7. Barbora Krejcikova –memenangkan French Open 2021

Seperti Swiatek pada musim sebelumnya, Krejcikova merupakan petenis non unggulan di French Open musim 2021. Ia lebih dikenal sebagai spesialis nomor ganda, tetapi ia menemukan cara untuk bersinar di nomor tunggal dan memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di Paris

8. Michael Chang –memenangkan French Open 1989

Meskipun Chang merupakan petenis unggulan ke-15, ia baru berusia 17 tahun dan di musim sebelumnya, ia kalah dari John McEnroe di babak ketiga. Satu musim berlalu, semuanya berbeda dan Chang menaklukkan Ivan Lendl – meskipun mengalami kram –sebelum menundukkan Stefan Edberg di final untuk menjadi petenis putra termuda yang memenangkan gelar Grand Slam.

9. Francesca Schiavone –memenangkan French Open 2010

Schiavone belum pernah melampaui perempatfinal Grand Slam sebelumnya. Menjadi petenis unggulan ke-17, ia tampil brilian dan memenangkan satu-satunya gelar Grand Slam sampai saat ini di Paris.

10. Thomas Johansson –memenangkan Australian Open 2002

Johansson diunggulkan di posisi ke-16 di Australian Open, ia belum pernah melampaui babak ketiga dari tujuh penampilan sebelumnya di Melbourne. Tetapi setelah Andre Agassi mundur karena cedera, dan petenis handal lain seperti Pete Sampras, Yecgeny Kafelnikov, dan Lleyton Hewitt tersingkir lebih awal, peluang pun terbuka. Menghadapi Marat Safin di final, ia sukses mengklaim kemenangan dengan empat set.

Artikel Tag: Tenis, australian open, French Open, wimbledon, US Open, Emma Raducanu

Published by Ligaolahraga.com at https://www.Playboyid.com/tenis/dari-raducanu-sampai-chang-10-juara-grand-slam-paling-mengejutkan