Dongkrak Kunjungan, Perhutani Jatim Luncurkan Tiket Elektronik Wana Wisata

Food & Travel


Pasuruan, Playboyid.com- Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Timur meluncurkan program terkoneksi melalui e-ticketing (tiket elektronik) untuk meningkatkan pelayanan dan mendongkrak pendapatan dari sektor wana wisata.

Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Timur Karuniawan Purwanto Sanjaya mengatakan bahwa program e-ticketing ini bekerjasama dengan PT. Mitra Kasih Perkasa (MKP), salah satu perusahaan yang bergerak di bidang mobile system.”Program ini nantinya akan diterapkan pada 170 lokasi wana wisata di wilayah Perhutani Jawa Timur,” kata Karuniawan saat peluncuran program e-ticketing di Wana Wisata Air Terjun Putuk Truno Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Selasa.2/3

Ia mengatakan, program e-ticketing ini merupakan yang pertama diterapkan di Perhutani dalam rangka untuk mendongkrak pendapatan di luar hasil kayu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK).

Lebih lanjut, kata Karuniawan, bahwa dengan e-ticketing ini akan lebih aman bertransaksi, apalagi di masa pandemi.”Kami juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat di semua obyek lokasi yang kami kelola,” tukasnya.

Sementara Kepala Divisi Ecotourism dan Agroforestry Perhutani Kantor Pusat, Daniel Budi Cahyono yang ikut hadir dalam peluncuran tersebut menyampaikan, bahwa e-ticketing selama ini belum terintegrasi dari hulu sampai ke hilirnya.

banner-ad

“Sehingga dengan adanya program ini dapat dipantau secara real-time, yang diharapkan kegiatan wisata ke depan mampu menjadi tulang punggung sebagai sumber pendapatan perusahaan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati menyambut baik program digitalisasi e-ticketing ini. Menurutnya dengan adanya launching e-ticketing di wana wisata Perhutani dirinya berharap dapat menambah PAD Kabupaten Pasuruan dari sektor wisata, selain membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. “Program e-ticketing ini dapat diterapkan di seluruh wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan, karena hal ini bisa di manfaatkan sebagai ATM (Amati Tiru dan Modifikasi),” tukasnya. (an/wan)