Efek Buruk Rokok Bagi Penampilan

Fashion & Grooming


7 Efek Buruk Rokok Bagi Penampilan Fisik

Tentu kamu sudah tidak asing dengan peringatan “Dilarang Merokok” yang biasa ditempel di tempat umum, seperti ruang terbuka publik, angkutan umum, maupun sekolah dan kampus. Tidak heran jika peringatan ini ditempel di mana-mana, termasuk di bungkus rokok itu sendiri, karena rokok sangat berbahaya untuk kesehatan.

Salah satu efek samping rokok pada kesehatan misalnya penyakit jantung dan paru-paru. Bahkan diperkirakan 20% kematian akibat penyakit jantung disebabkan kebiasaan merokok. Bagaimana tidak, satu batang rokok mengandung banyak zat berbahaya, seperti karbon monoksida, tar, gas oksidan, dan benzene.

Kebanyakan perokok merasa dirinya sehat karena efek buruk rokok pada organ dalam tubuh tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Beda halnya dengan efek buruk rokok pada penampilan fisik yang dapat dilihat langsung.

Di bawah ini, Mister akan membeberkan 7 efek buruk rokok yang dapat merusak penampilan. Semoga bisa membuat kamu kapok dan berhenti merokok!

1. Gigi Kuning dan Rusak

Efek Buruk Rokok
Image by aos.iacpublishinglabs.com

Perokok biasanya memiliki gigi kuning, rusak, keropos, bahkan bau mulut yang tak sedap. Penyebabnya adalah nikotin pada tembakau dan bahan gula yang ditambahkan untuk meningkatkan rasa tembakau yang dapat membuat gigi busuk dan rusak. Ini juga berlaku untuk perokok cerutu atau perokok pipa.

banner-ad

Perokok cerutu cenderung mengalami gigi keropos dan tulang alveolar keropos (keroposnya bagian tulang rahang yang menjadi jangkar gigi) dengan kecepatan yang setara dengan perokok. Perokok pipa juga memiliki risiko gigi keropos yang sama dengan perokok.

Dalam beberapa kasus, perokok bisa mengalami penyusutan gusi akibat efek buruk rokok. Setelah jaringan gusi menyusut, akar gigi menjadi terbuka, sehingga dapat meningkatkan risiko gigi membusuk (tooth decay). Akar gigi yang terbuka juga lebih sensitif terhadap panas dan dingin sehingga membuat makan dan minum menjadi tidak nyaman.

Coba lihat gigi kamu, masih dalam kondisi yang baikkah?

2. Penuaan Dini dan Keriput

Efek Buruk Rokok
Image by ax2pix.persiangig.com

Selain masalah mulut dan gigi, efek buruk rokok juga bisa merusak penampilan wajah. Wajah perokok rata-rata lebih tua dan berkeriput dibandingkan yang tidak. Alasannya, asap rokok yang dihisap dapat menghambat suplai oksigen ke dalam paru-paru. Oksigen yang terhambat tersebut dapat membuat sirkulasi nutrisi yang dibutuhkan kulit semakin berkurang. Akibatnya, kulit pun menjadi lebih mudah keriput dan tidak segar. Bahkan, banyak perokok memiliki bintik-bintik coklat pada wajahnya.

3. Jari dan Kuku Berwarna Kuning

Efek Buruk Rokok
Image by spontaneouschick.com

Nikotin dalam asap rokok tidak hanya dapat membuat gigi coklat atau kuning, tetapi juga bisa membuat jari dan kuku menjadi kotor. Warna kuning yang menempel akibat nikotin tersebut sangat sulit dihilangkan, terutama untuk orang yang sudah kecanduan rokok.

Jari yang kuning tersebut sangat mengganggu penampilan bukan?

4. Rambut Rontok dan Menipis

Efek Buruk Rokok
Image by netdoctor.cdnds.net

Efek buruk rokok lain yang bisa merusak penampilan adalah menyebabkan penipisan pada rambut. Menurut ahli kimia, racun dalam asap rokok dapat merusak DNA dalam folikel rambut dan menghasilkan sel-radikal bebas yang dapat merusak rambut.

Asap rokok memang tidak baik untuk kesehatan rambut karena bisa membuatnya menjadi bau, rontok, dan kusam. Asap rokok juga bisa menyebabkan rambut menjadi lepek dan kehilangan kilaunya.

5. Menyebabkan Kantung Mata

Efek Buruk Rokok
Image by i.ytimg.com

Menurut studi yang dilakukan Johns Hopkins, perokok rata-rata susah tidur dan tidak dapat tidur terlalu nyenyak akibat pengaruh nikotin. Akibat tidak yang tidak berkualitas itulah kantung mata perokok menjadi terlihat lelah dan tidak segar. Ini juga yang membuat perokok mengalami penuaan dini.

6. Kulit Kering dan Bersisik

Efek Buruk Rokok
Image by fthmb.tqn.com

Kulit kering dan bersisik memang bisa menimpa siapa saja, tetapi perokok lebih rentan mengalami masalah ini. Menurut sebuah studi di tahun 2007, jika kamu menghisap satu bungkus rokok setiap hari selama 10 tahun atau kurang, risiko kulit bersisik meningkat 20%. Dalam waktu 11-20 tahun, risiko meningkat menjadi 60% dan bagi mereka yang merokok lebih dari 20 tahun, resiko meningkat menjadi 50 %!

7. Wajah Tidak Cerah dan Kusam

Efek Buruk Rokok
Image by amazonaws.com

Asap rokok mengandung karbon monoksida yang dapat menghambat suplai oksigen ke kulit dan nikotin yang dapat menyumbat aliran darah. Akibatnya, kulit menjadi kering dan berubah menjadi kusam. Merokok juga banyak menguras nutrisi, termasuk vitamin C. Padahal nutrisi dan vitamin C berfungsi melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit.

Efek buruk rokok pada penampilan apa saja yang sudah mulai terlihat pada diri kamu?