Gak Mau Liburan Akhir Tahun Berakhir Mimpi Buruk? Hindari 4 Kawasan Wisata Ini

Food & Travel


Kalau kamu mendapat kiriman peringatan dari saudara, sahabat atau kerabat untuk tidak pergi ke kawasan wisata akhir tahun yang wajib dihindari, sebaiknya mengindahkan hal itu.

Pasalnya, di setiap akhir tahun banyak orang, termasuk kamu, ingin melewatkan pergantian tahun berwisata ke tempat-tempat wisata yang menyenangkan.

Entah untuk sekadar menikmati keindahan dan udara pantai, atau menghirup udara segar kawasan puncak, semua kawasan wisata itu umumnya diburu banyak orang untuk melewati akhir pekan, libur panjang dan libur akhir tahun.

Namun, siap-siap jika kendaraan kamu harus mengantri mengular saat ingin pergi ke destinasi wisata tersebut. Bahkan, kamu juga bisa berada di tengah-tengah kemacetan yang menumpuk hingga enam kilometer panjangnya.

Nah, buat kamu yang ingin menghabiskan libur akhir tahun, jangan pernah memasukkan Puncak atau pantai ke itenarary jika tak ingin libur akhir tahunmu berakhir dengan mimpi buruk.

Untuk mengetahui kawasan wisata apa aja yang wajib dihindari di pergantian tahun, yuk simak pemaparan Guideku jaringan MoneySmart berikut:

banner-ad

Gunung Prau

Gunung Prau (IG gunungprau_id)
Gunung Prau (IG gunungprau_id)

Gunung Prau jadi salah satu gunung yang difavoritkan banyak pendaki. Pasalnya, memiliki lanskap alam memesona, trek pendakian yang relatif mudah dan biaya perjalanan yang tak mahal.

Gunung satu ini kerap dipadati pengunjung di akhir pekan. Terutama, saat akhir tahun.

Sayangnya, Gunung Prau diwacanakan akan ditutup untuk sementara waktu pada 6 Januari hingga 5 April 2019 karena akan dilakukan pemulihan ekosistem.

Nah, biar liburan akhir tahunmu tidak jauh dari ekspektasi, sebaiknya pikirkan matang sebelum menjadikan Gunung Prau untuk tempat melepas pergantian tahun.

Baca juga:

7 Cara Jitu Liburan Hemat Akhir Tahun yang Gak Bikin Kantong Jebol

Kaya Sejak Lahir, Begini Gaya Liburan Reino Barack 

Tinggal Kenangan, Ini Deretan Tempat Wisata Favorit Dylan Sahara Istri Ifan “Seventeen”

Gunung Semeru

Gunung Semeru (IG mount.addict)
Gunung Semeru (IG mount.addict)

Gunung Semeru kini memberlakukan sistem booking online. Kondisi itu cukup membuat banyak wisatawan bernapas lega. Pasalnya, Gunung Semeru terbatas hanya dapat didaki 600 orang di setiap harinya.

Jauh lebih baik ketimbang sebelum sistem online belum diberlakukan, pengunjung di akhir tahun bisa membludak hingga ribuan orang.

Sayangnya, kuota liburan Natal dan Tahun Baru biasanya sudah full booking. Jadi, buat kamu yang dadakan pengin menghabiskan libur akhir tahun di Gunung Semeru, harus siap-siap gigit jari jika tidak mendapatkan tiketnya.

Karimun Jawa

Karimun Jawa (IG karimunjawa_islands)
Karimun Jawa (IG karimunjawa_islands)

Selain gunung, wisata alam taman laut seperti Karimun Jawa kini menjadi salah satu destinasi wisata pilihan terfavorit masyarakat Indonesia, maupun internasional.

Kabar buruknya, Karimun Jawa akan dirundung cuaca buruk, hingga membuat kapal tak selalu beroperasi mulai akhir Desember hingga awal tahun, sekitar Januari sampai Maret 2019 mendatang.

Tak sedikit cerita wisatawan terjebak dan tak dapat keluar dari Karimun Jawa karena ombak tinggi membuat tak satupun kapal cukup nyali untuk beroperasi.

Selain Karimun Jawa, banyak destinasi wisata laut lainnya yang tak disarankan untuk dinikmati di akhir tahun.

Seperti pantai-pantai di sekitar Selat Sunda mulai dari Carita, Tanjung Lesung, hingga Pantai Kalianda yang terletak di Lampung Selatan.

Pantai Kuta

Pantai Kuta (IG masa_sevenseas)
Pantai Kuta (IG masa_sevenseas)

Angka wisatawan ke Bali semakin tahun semakin tinggi. Dengan angka yang membludak itu, terlebih saat akhir tahun, Pulau Dewata berstatus darurat wisatawan.

Sejumlah pantai populer di Bali, seperti Pantai Kuta akan disesaki banyak turis. Harga hotel pun dipastikan akan melambung tinggi, terutama saat pergantian tahun.

Nah, buat kamu yang keukeuh ingin ke Bali, tidak masalah jika melakukannya. Tapi, carilah destinasi wisata yang cukup sepi pengunjung.

Kamu bisa mencari destinasi wisata lainnya yang keren untuk menghabiskan liburan akhir tahun  berkualitas bersama orang terkasih, seperti kawasan Karangasem.

Itu dia beberapa kawasan wisata wajib dihindari saat akhir tahun. Semoga bisa membantumu mencari destinasi wisata lainnya jika ingin menghabiskan pergantian tahun.