Harga Bekas Kawasaki KLX 150, Mengapa Tetap Tinggi?

Tech & Otomotif


Jakarta – Pasar sepeda motor bekas saat ini bisa dibilang menjadi salah satu pasar yang sangat menjanjikan bagi para pedagang  sepeda motor. Pasalnya, saat ini banyak masyarakat yang sudah mengalihkan pikiran dari membeli sepeda motor baru menjadi sepeda motor bekas.

Memang tak semua masyarakat melakukan hal ini, tetapi penjualan sepeda motor bekas di Indonesia bisa dibilang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Ada beberapa merk yang cukup menjadi sasaran para pembeli sepeda motor bekas. Biasanya, sepeda motor yang diincar merupakan produk yang memang terkenal akan ketangguhannya. Seperti motor dual purpose besutan Kawasaki, KLX 150 ini contohnya.

Bicara harga bekas Kawasaki KLX 150, sepeda motor ini menjadi salah satu sepeda motor yang kerap menjadi incaran para pecinta roda dua. Selain dapat digunakan di berbagai medan, desain dari Kawasaki KLX 150 ini juga terbilang cukup sporty dan macho.

Makanya, tak heran kalau banyak pria yang rela meminang sepeda motor yang satu ini. Bicara soal harga, harga baru dari sepeda motor ini tergolong cukup tinggi. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjual KLX dalam 4 varian yang berbeda. Mulai dari KLX 150BF SE (X-Treme), KLX 150 BF SE, KLX 150BF, dan KLX 150.

banner-ad

Varian Kawasaki KLX

Ke empat varian ini hanya dibedakan oleh beberapa aksesoris dan tentunya tampilannya berbeda di setiap variannya. Harga yang dijual berkisar Rp 35,7 untuk tipe KLX 150BF SE (X-Treme). Serta Rp 35,2 juta untuk tipe KLX 150 BF SE, Rp 33,3 juta untuk tipe KLX 150BF, dan Rp 29,5 juta tipe KLX 150.

Di segmen ini, Kawasaki tidak sendirian karena PT Astra Honda Motor (AHM) juga menjual sepeda motor dual purpose. Dengan banderol harga yang mirip, di angka Rp 32,6 jutaan.

Bagi sebagian orang, sepeda motor ini punya banderol harga yang cukup tinggi. Karena tak semua orang memiliki bajet yang sama untuk membeli sepeda motor idamannya.

Maka dari itu, banyak masyarakat yang membeli sepeda motor dual purpose ini dengan kondisi bekas. Yang cukup menarik adalah, mengapa harga bekas Kawasaki KLX ini cukup tergolong tinggi? Pertanyaan ini seakan menjadi pertanyaan menarik bagi kami.

Benarkah hal ini menjadi suatu hal yang lumrah? Jika boleh memprediksi, hal tersebut dikarenakan pemain sepeda motor dual purpose sebelum adanya Honda hanya Kawasaki saja.

Maka dari itu, harga jual kembali sepeda motor Kawasaki tetap terjaga. Berdasarkan pantauan Carmudi, harga bekas dari Kawasaki ini berkisar di antara kisaran Rp 21-30 jutaan. Angka ini menurut kami menjadi angka yang cukup baik untuk depresiasi nilai dari sebuah kendaraan.

Minat Konsumen Beli Motor Bekas

Banyaknya masyarakat yang menginginkan sepeda motor ini dalam kondisi bekas juga terhitung sangat banyak. Makanya, harga jual kembalinya juga tetap terjaga.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pembeli Kawasaki KLX ini. Kawasaki KLX ini cenderung memiliki penyakit di bagian unitrack. Atau salah satu komponen yang terletak sebagai penyambung monoshock menuju swingarm.

Unitrack yang ada pada Kawasaki cenderung lemah jika sering terkena air hujan, genangan. Atau jika motor jarang dicuci dan dibiarkan dalam kondisi yang kotor. Kebiasaan buruk jarang mencuci KLX ini menjadi salah satu pemicu rusaknya unitrack.

Dony, Jurnalis dan pengguna Kawasaki KLX ini mengatakan jika unitrack menjadi bagian yang cukup rentan mengalami kerusakan.

“Biasanya kalau sering kena banjir, atau motor dibiarkan kotor dalam waktu lama itu bisa merusak unitrack. Biasanya gejala awalnya akan bunyi berdecit, dan parahnya lagi swingarm tidak akan berfungsi maksimal dalam memberikan ayunan,” ujarnya.

Di bagian dalam unitrack ini terdapat pelumas yang berfungsi sebagai pelicin saat unitrack sedang mengayun. Jika dibiarkan kering, bearing yang terletak di bagian dalam unitrack akan sulit untuk dikeluarkan.

Kenapa dikeluarkan? Karena bearing tersebut harus diganti selama periode tertentu untuk menjaga keawetan komponen tersebut. Ibaratnya, akan ada penggantian parts tersebut selama periode tertentu.

Tetapi, motor ini menjadi salah satu motor yang cukup asyik untuk dikendarai di jalanan seperti Ibukota Jakarta. Melibas jalanan rusak? Bukan masalah, suspensi yang lumayan empuk, tenaga yang cukup menjadikan motor ini sebagai salah satu motor penakluk berbagai medan. Yuk, ah cari-cari Kawasaki KLX bekas.(dol)