Kekurangan dan Kelebihan Suzuki XL7, Sebenarnya SUV Atau MPV?

Tech & Otomotif


Suzuki XL7 ditawarkan dalam 3 tipe; Alpha, Beta, dan Zeta. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – Pada awal tahun 2020 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis mobil baru untuk pasar Indonesia. Mobil tersebut bernama Suzuki XL7 yang mengisi segmen low SUV yang ada di Indonesia. Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan jika Suzuki XL7 ini bukanlah sebuah SUV, melainkan MPV. Hmmm, kira-kira bagaimana menurut pandangan kamu ya?

Di Indonesia, Suzuki XL7 langsung dihadapkan dengan lawan tangguh seperti Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios. Peta persaingan inilah yang diprediksi dapat menjegal langkah XL7 di Indonesia. Untuk itu, simak kekurangan dan kelebihan Suzuki XL7 yang ada di Indonesia ini.

Kekurangan dan Kelebihan Suzuki XL7

Dimensi dan Eksterior Suzuki XL7

Jika melihat dimensinya, Suzuki XL7 ini memilki dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Mobil yang menggunakan platform serupa dengan Suzuki Ertiga ini memiliki wheelbase 2.740 mm. Jika dibandingkan dengan lawan-lawannya, XL7 memang masuk ke dalam kategori dimensi yang cukup kompak. Kendati sama dengan Ertiga, akan tetapi tampilan dan spesifikasinya cukup berbeda antara XL7 dengan Ertiga yang sudah ada.

Di bagian depan, mobil berkapasitas 7 penumpang ini punya gril dengan paduan warna hitam doff dan krom yang memanjang dari sisi kiri hingga kanan. Di bagian bawah bumper depan juga ada garnish berkelir silver. Bumper depan juga sudah tersedia fog lamp. Lampu depan dari XL7 juga sudah mengadopsi lampu LED dengan DRL berwarna putih yang cukup kekinian. Lampu ini juga sudah tersemat fitur auto ON.

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia, simak kekurangan dan kelebihan Suzuki XL7. Foto: Carmudi/Dimas)

Lanjut di bagian samping, terdapat spion yang sudah terdapat lampu sein yang bisa membantu visibilitas berkendara bagi penumpang lain. Spion ini juga tersedia dengan fitur pelipat elektronik untuk varian Alpha dan Beta.

O iya hampir lupa, Suzuki menghadirkan XL7 dengan 3 varian yakni Alpha, Beta dan Zeta. Di bagian atas fender depan juga terdapat aksen lubang palsu yang menambah penampilan XL7 menjadi lebih sporty.

banner-ad

Handle pintunya sudah memakai krom untuk Aplha dan Beta sedangkan tipe Zeta memakai sewarna bodi. Untuk tipe Alpha, Suzuki memberikan warna pilar A dengan warna hitam. Sedangkan untuk roofrail tersedia di semua varian XL7.

Suzuki XL7 (Foto: Yputube/Sinale OnTheWay)

Sedangkan untuk velgnya sudah memakai ukuran 16 inci yang dibalut dengan ukuran ban 195/60. Ban cadangan yang disediakan oleh Suzuki menggunakan ukuran 195/60.

Jika dilihat, di bagian belakang XL7 sekilas memang terlihat mirip dengan buritan milik Suzuki Ertiga. Hanya saja bumper belakang bagian bawah dan pintu belakang sedikit berbeda karena berlabur aksen krom. Lampu bagian belakang menggunakan paduan LED dengan jalur untuk varian Alpha dan Beta.

Sedangkan untuk bumper dengan garnish krom hanya tersedia pada varian Alpha saja. Di bagian bumper belakang samping terdapat reflector atau yang sering disebut mata kucing.

Fitur Suzuki XL7

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh XL7 adalah fiturnya yang cukup oke. Untuk harga yang ditawarkan, XL7 termasuk memiliki harga yang cukup menggoda dengan fitur yang ditawarkannya. Mulai dari sasis (platform), XL7 memakai Heartect yang mampu meningkatkan keamanan dengan bodi yang lebih ringan. Ada juga hill hold control yang bisa menahan rem pada saat berada di tanjakan.

Suzuki XL7
Mengupas kekurangan dan kelebihan Suzuki XL7

Mobil ini juga memiliki 2 airbag yang terdapat pada bagian depan, sehingga mampu memberikan keamanan bagi pengendara dan penumpang depan. Struktur bodi juga terbuat dari NVA dan Tect bodi. Kedua fitur ini memungkinkan sasis lebih senyap dan mampu meredam kerusakan parah pada saat mobil sedang mengalami kecelakaan atau tabrakan. Sehingga sasis mampu memberikan keamanan pada penumpang di dalam kabin.

Mobil ini juga sudah dibekali dengan electronic brake distribution yang mampu mencegah mobil menjadi oversteer dan understeer. Selain itu rem XL7 juga sudah memakai ABS, sehingga tak perlu khawatir melakukan pengereman. Masih ada ESP yang bisa mencegah oversteer dan understeer pada pada saat mobil sedang melaju di tikungan. Fitur keamanan lain adalah alarm, parkir sensor dan lampu rem tambahan di bagian pintu belakang atas. Fitur-fitur ini membuat XL7 diklaim menjadi Medium SUV yang terjangkau.

Fitur Smart e-Mirror

Fitur lain yang menjadi kelebihan dari mobil 7 penumpang ini adalah adanya kaca spion tengah yang dijuluki Smart e-Mirror. Smart e-Mirror ini berbeda dengan kaca yang biasa disematkan di setiap mobil pada umumnya.

Fitur tersebut merupakan kaca spion digital yang dibekali dua kamera, yaitu kamera depan yang disematkan di balik spion dan kamera belakang yang dekat dengan dudukan pelat nomor mobil.

Smart e-Mirror dapat merekam kejadian sekitar mobil di bagian depan maupun bagian belakang. Fitur ini juga memiliki beberapa kelebihan lain diantaranya adalah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur Smart e-Mirror ini dapat merekam seluruh kejadian yang terjadi di sekitar mobil. Jika pengemudi dan para penumpang XL7 mengalami tabrakan keras ataupun kecelakaan, fitur tersebut dapat digunakan sebagai bukti rekaman. Selain bisa memberikan bukti jika pengguna mobil bukan pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya kecelakaan, e-Mirror juga bisa digunakan untuk mengklaim asuransi jika ada.

  • Menghindari Tilang di Jalan Raya

Kegunaan lainnya dari fitur Smart e-Mirror adalah dapat menghindari tilang jika pengguna mobil tidak bersalah. Jika ditilang oleh pihak berwajib, pengendara dapat memperlihatkan bukti rekaman dari fitur tersebut jika memang tidak bersalah kepada petugas yang ada di lapangan.

  • Kemampuan Berkendara Meningkat

Dengan adanya fitur Smart e-Mirror, ini menjadi keuntungan bagi Carmudian atau pengemudi pemula yang sedang belajar membawa mobil. Carmudian bisa melihat rekaman pada fitur tersebut selama berkendara agar mengetahui situasi sekitar dan membawa mobil dengan lebih baik dan benar. Seperti, menyadari kesalahan jika mengerem terlalu keras tanpa melihat keadaan sekitar, dan lainnya.

  • Membantu Pengemudi Berkendara

Jika keluarga atau teman yang menjadi pengemudi mobil ini. Sedangkan, Carmudian menjadi penumpang, Carmudian bisa membantu untuk keselamatan berkendara. Carmudian bisa memberikan masukan dari rekaman fitur Smart e-Mirror jika pengemudi tidak benar dalam membawa mobil ini.

  • Menangkap Momen Menarik atau Fenomenal

Kita semua tahu bahwa selalu ada kejadian menarik yang tak terduga terjadi kapanpun dan dimana pun, termasuk di jalan raya. Fitur Smart e-Mirror ini pastinya dapat merekam momen tersebut yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup.

Seperti salah satunya, hujan meteor yang berhasil terekam oleh Smart e-Mirror XL7 yang berlokasi di Rusia. Sayangnya, fitur ini hanya terdapat pada varian tertinggi atau kasta teratas dari Suzuki XL7 yang ada di Tanah Air. Sehingga konsumen harus membeli varian teratas untuk dapat menikmati kelebihan tersebut.

Kekurangan Suzuki XL7

Setelah mengetahui beberapa kelebihannya, mari membahas mengenai kekurangan dari mobil ini. Kira-kira, apa saja yang menjadi kekurangan XL7?

Desain Interior Tak Berbeda dengan Suzuki Ertiga

Bagi kami, kekurangan lain pada Suzuki XL7 ada pada bagian interiornya. Interior Suzuki XL7 tidak berbeda dengan milik Ertiga. Yang menjadi pembeda adalah motif jok pada Ertiga dan XL7. Seperti, tekstur jok XL7 yang memiliki desain berbeda dengan jok Suzuki Ertiga tipe biasa dan Sport.

Interior Suzuki XL7
Mengupas kekurangan dan kelebihan Suzuki XL7

Untuk bagian dasbor, sama seperti Ertiga dengan adanya pengaturan AC digital pada bagian tengah. Perbedaan lainnya dengan Suzuki Ertiga adalah bagian dasbor XL7 memakain paduan karbon. Sedangkan, Ertiga dipadukan dengan aksen kayu.

Mesin Kurang Bertenaga

Suzuki membekali XL7 dengan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder dengan hasilan tenaga sebesar 102,7 Hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada putaran 4.000 rpm. Dari spesifikasi yang tertera, mesin Suzuki XL7 yang digunakan memang sama dengan Ertiga dan Carry. Namun, pihak Suzuki mengklaim bahwa ada perbedaan setup mesin dan beberapa komponen lainnya.

Hal ini menurut kami menjadi salah satu kekurangan dari XL7 yang bermain di segmen LSUV. Toyota Rush dan Daihatsu Terios memiliki tenaga 104 ps dengan torsi 137 Nm. Lalu Xpander Cross memiliki tenaga 102 hp dengan torsi 141 Nm dan Honda BR-V memiliki tenaga paling besar dikelasnya dengan 120 ps dengan torsi 145 Nm.

Mesin Suzuki Ertiga 2018
Mengupas kekurangan dan kelebihan Suzuki XL7

Jika melihat peta persaingan di atas, performa mesin Suzuki XL7 jelas menjadi kekurangan tersendiri di segmen LSUV yang ada di Indonesia. Akan tetapi, konsumsi bahan bakar mesin K15B boleh sedikit berbangga diri. Karena mesin tersebut memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat baik.

Saya dan beberapa rekan jurnalis pernah mencicipi konsumsi bbm Suzuki Ertiga baru dengan mesin tersebut. Catatannya mencapai 1:28 km per liter. Dengan raihan tersebut, konsumsi bahan bakar mesin yang ada pada XL7 boleh diacungi jempol.

Bangku Baris Kedua Tak Ada Headrest Tengah

Kekurangan XL7 lainnya adalah tidak memiliki headrest tengah pada jok baris kedua. Penumpang yang duduk di bagian tengah pada jok baris kedua tidak akan mendapatkan sandaran kepala. Hal ini tentunya mengurangi kenyamanan bagi penumpang yang duduk di bagian tengah. Selain itu, faktor keamanan karena tidak adanya headrest ini juga menjadi isu lain.

Interior Suzuki XL7
Mengupas kekurangan dan kelebihan Suzuki XL7, jok baris kedua bagian tengah tak ada headrest

Pada saat terjadi kecelakaan, headrest berfungsi untuk menahan kepala agar tidak terpental ke belakang. Bagi penumpang yang tidak mendapatkan headrest, resiko cedera akan semakin besar. Sehingga keamanan penumpang tersebut lah yang menjadi taruhannya. Hal ini juga disebut sebagai kekurangan, lantaran Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross selaku rival telah menyediakannya. Walau memang, kehadiran jok kulit hanya di varian tertinggi.

Jok Belum Kulit

Material pembungkus jok pada Suzuki XL7 sayangnya masih memakai bahan fabric. Hal ini bagi sebagian orang dinilai menjadi kekurangan. Padahal fungsi jok kulit sangat penting di mobil keluarga. Jok kulit memudahkan ketika membersihkan kabin dari tumpahan air dan makanan, akibat ulah anak-anak.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana