Keren, Hyundai dan LG Berencana Bikin Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Tech & Otomotif


Mobil listrik Hyundai Ioniq (Foto: Santo/Carmudi)

Seoul – Siapa yang tidak kenal dengan Hyundai Motor Group dan LG Chem Ltd? Ya, dua perusahaan raksasa asal Korea Selatan itu sedang mempertimbangkan untuk mendirikan perusahaan patungan di Indonesia. Nantinya perusahaan akan difokuskan untuk memproduksi baterai mobil listrik. Informasi tersebut diungkapkan langsung oleh salah seorang sumber yang tidak mau disebutkan indentitasnya kepada Reuters.

Terkait seberapa besar nilai investasi dan kapasitas produksi baterai mobil listrik, dirinya mengaku belum mengetahuinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, LG Chem telah menjalin kerja sama dengan perusahaan otomotif, seperti General Motors Co dan Geely Automobile Holdings Ltd. LG Chem juga memasok baterai ke produsen mobil lain termasuk Hyundai dan Tesla Inc.

LG Group Chairman, Koo Kwang-mo sudah bertemu dengan Hyundai Motor Group Executive Vice, Chairman Euisun Chung pada Senin kemarin. Pertemuan itu membahas kerja sama dalam pembuatan baterai mobil listrik.

Tidak cuma itu, bahasan lainnya mengenai teknologi masa depan. Akan tetapi dari hasil pertemuan tersebut, baik LG Chem dan Hyundai Motor Group kompak mengatakan tidak ada keputusan untuk membangun usaha bersama.

Telah Menjalin Pembicaraan dengan Kemenko Maritim dan Investasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia telah melakukan diskusi dengan Hyundai Motor Group dan LG Chem. Juru bicara Kemenko Maritim dan investasi, Jodi Mahardi membenarkan jika kedua perusahaan telah bertemu dengan pemerintah, tetapi dirinya belum mau berbagi rincian dari hasil pertemuan itu.

banner-ad

“Hyundai bersama LG telah bertemu dengan sejumlah perusahaan domestik untuk mengeksplorasi kemitraan potensial untuk produksi baterai mobil listrik,” katanya.

Pembangunan Pabrik Hyundai Jalan Terus

Meski pandemi virus corona masih mengintai, pembangunan pabrik mobil Hyundai yang dilakukan oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) jalan terus. Lokasi pabrik Hyundai berada di Deltamas Industrial Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pembangunan pabrik mobil Hyundai di Indonesia merupakan suatu hal penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Pembangunan pabrik mobil tersebut tidak hanya akan berkontribusi bagi pasar domestik saja, tapi juga menjadi sumber pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan ASEAN.

Hyundai mengucurkan investasi untuk mengembangkan bisnis di Indonesia senilai 1,55 miliar dolar AS hingga 2030. Investasi tersebut akan dicairkan secara bertahap.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Karena Corona Toyota Tunda Jualan Prius PHEV untuk Pasar Ritel