KONI Pusat Buka 'RoadTo PON 2024' di Kota Palu

Sports


Sabtu, 23 Desember 2023 – 13:57 WIB

Palu – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Marciano Norman membuka gelaran Road to Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Baca Juga :


Boyamin MAKI ke KPK, Laporkan Duit Tambang Ilegal Diduga Mengalir ke Dana Kampanye Pemilu

Dalam keterangan resmi, Sabtu, KONI Sulawesi Tengah menjadi provinsi pertama di luar tuan rumah yang menggelar event yang diikuti sebanyak 2000 peserta guna menyambut PON 2024 dengan gelaran ‘Fun Run 5K Negeri Seribu Megalit’ di Palu.

“Sulawesi Tengah adalah KONI yang pertama melaksanakan Fun Run dalam rangka Road to PON XXI, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Gubernur atas dukungannya, dan juga Ketum KONI Sulawesi Tengah karena telah bekerja keras untuk mempromosikan, mensosialisasikan PON XXI,” kata Marciano Norman.

banner-ad

Baca Juga :


Menpora Minta KONI Pusat Intensif Komunikasi Jelang PON 2024

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura juga turut hadir pada kegiatan membanggakan Sulteng tersebut. Terlebih Sulteng mencetak sejarah pada PON XXI karena meloloskan atlet dan cabang olahraga terbanyak sejak keikutsertaannya pada PON pertama.

Baca Juga :


Bertemu KONI, Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Harapan untuk PON 2024

Kontingen Sulteng yang telah lolos babak kualifikasi sekaligus memastikan tiket PON XXI sebanyak 209 atlet dari 29 cabor. Seluruh atlet yang lolos tersebut ikut meramaikan Fun Run.

“Di bawah bapak Rusdy Mastura, atlet kita naik 300% dari di PON XX Papua 2021 yang waktu itu hanya 62 atlet, sekarang 209 atlet,” kata Ketum KONI Sulteng Nizar Rahmatu.

Nizar berharap Fun Run kali ini akan menjadi agenda rutin tahunan Sulteng. Ke depan, tidak hanya 5 km namun juga ada 10 km, dan half maraton 21 km.

Kenaikan jumlah atlet Sulteng yang lolos ke PON XXI diapresiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Menpora RI yang diwakili Asisten Deputi Bidang Olahraga Kemasyarakatan Yayan Rubaeni juga mengapresiasi Sulteng yang menyemarakkan PON XXI.

“Betul sebagaimana harapan Bapak Presiden, PON ini tidak hanya ramai di tuan rumah. PON ini bukan hanya untuk unjuk kekuatan tetapi menyatukan kita semua. Apalagi kita di tengah pesta demokrasi, olahraga harus bisa mempersatukan kita semua,” ujar Yayan.

Rusdy antusias menyambut kegiatan Fun Run. Ia juga targetkan kontingen Sulteng pada PON XXI Aceh-Sumut.

“Kalau Papua hanya satu medali emas, di PON XXI Aceh-Sumut kita targetkan 10 medali emas, tapi saya optimistis dapat 15 medali emas,” tegas Rusdy. (Ant)