Mobil Mungil Kei Car Tidak Cocok dengan Selera Orang Indonesia?

Tech & Otomotif


Daihatsu Copen yang masuk kategori Kei Car pernah dijual di Indonesia (Foto: Daihatsu)

Jakarta – Pasar otomotif Jepang memiliki keunikan tersendiri karena memasarkan mobil mungil dengan mesin berkapasitas hanya 600 cc dengan sebutan Kei Car. Namun, JDM itu dinilai tidak cocok dengan selera orang Indonesia.

Bukan isapan jempol, Kei Car sebenarnya pernah masuk ke Indonesia. Saat itu, Daihatsu memperkenalkan Copen sebagai mini roadster.

Sayangnya, sambutan masyarakat untuk mobil sport mungil itu tidak heboh dan kurang diminati.

“Kei Car tidak akan dirilis di Indonesia karena tidak cocok dengan karakter orang Indonesia,” tegas Amelia Tjandra, selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor beberapa waktu lalu.

Sejak 2017, Daihatsu Motor Corporation telah menciptakan suatu bahasa desain baru yaitu Daihatsu New Generation Architecture (DNGA).

Platform tersebut digunakan pada seluruh lini produk Daihatsu, mulai dari Kei Car sampai dengan beberapa mobil compact lainnya.

banner-ad

Bahkan, Daihatsu Rocky dan Taft juga dibangun dari platform tersebut.

Secara teknis, platform DNGA memiliki banyak keunggulan seperti pada penerapan seluruh fitur teknologi canggih yang dimiliki Daihatsu. Rancangannya dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA.

Selain itu, platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa peluncuran Rocky dan Taft bisa dilakukan bersamaan.

“Sebelum 2017 pengembangan platform di Daihatsu bervariasi, tiap segmen berbeda dan tidak dikembangkan secara terpadu. Ini membuat waktu pengembangan cukup lama. Sejak 2017 Daihatsu mengembangkan DNGA sehingga mempercepat pengembangan produk karena terintegrasi,” tambah Anjar Rosjadi selaku Marketing Planning Division Head PT ADM pada kesempatan yang sama.

Perkenalan Konsep Kei Car dan DNGA Sinyal Daihatsu Bawa Rocky ke Indonesia?

Eksterior Daihatsu Rocky versi modifikasi
Eksterior Daihatsu Rocky versi modifikasi

Setelah meluncur di Jepang beberapa waktu lalu, publik Indonesia pun ikut penasaran terhadap sosok Rocky ini. Tidak sedikit yang berharap bila compact SUV ini bisa masuk ke Indonesia.

Perkenalan platform DNGA ini bisa menjadi sinyal kuat Daihatsu Indonesia untuk memperkenalkan Rocky ke publik Tanah Air. Sayangnya, Amelia masih merahasiakan hal tersebut.

“Untuk di Indonesia, tunggu, ya. Pada waktunya akan kami informasikan lagi,” kilah Amel.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Nissan Akan Ekspor Livina Rakitan Pabrik Mitsubishi ke Pasar Asia