Penalti Messi untuk Barcelona Dibalas Tiga Gol oleh Levante

Sports


Berita Liga Spanyol: Barcelona dihancurkan oleh Levante dalam kunjuganya ke Valencia lewat tiga gol yang dicetak dalam kurun waktu tujuh menit saja pada babak kedua untuk mengklaim kemenangan 3-1 pada hari Sabtu (2/11) sore waktu setempat.

Lionel Messi sukses membuat La Blaugrana unggul lebih dulu di Estadio Ciudad de Valencia lewat eksekusi penaltinya pada menit ke-38, namun Jose Campana, Borja Mayoral, dan Nemanja Radoja berturut-turut memberondong gawang Marc-Andre ter Stegen pada babak kedua.

Setelah mengawali laga dengan senyam, Barca akhirnya menciptakan peluang lewat umpan terobosan Messi yang dimanfaatkan Antoine Griezmann untuk memaksa penjaga gawang Levante, Aitor Fernandez, melakukan perenggangan untuk menyelamatkan gawangnya.

Namun gol yang ditunggu baru terwujud tujuh menit sebelum jeda turun minum, setelah operan memanjakan dari Arthur Melo kepada Nelson Semedo menyebabkan pelanggaran dari Jorge Miramon di kotak penalti untuk menghentikan sang full-back asal Portugal.

Messi menyelesaikan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor dengan mengirim Fernandez ke arah yang berlawanan, namun pelatih Ernesto Valverde harus menarik keluar Luis Suarez lebih awal karena mengalami cedera.

Levante tidak sekalipun berhasil melepaskan tembakan tepat sasaran selama satu jam laga berjalan, namun langsung mencetak tiga gol sekaligus mulai menit ke-61. Diawali oleh sapuan buruk Gerard Pique yang berujung kepada kerja sama Mayoral dan Jose Luis Morales untuk memberi bantuan kepada Campana, yang menaklukan Ter Stegen dengan mudahnya di area penalti.

banner-ad

Hanya dua menit setelahnya, giliran Mayoral yang menerima bantuan dari Campana dan melepaskan tembakan melengkung dari jarak 18 meter yang tidak mampu dijangkau oleh Ter Stegen.

Rangkaian memukau ini diakhiri oleh Radoja pada menit ke-68, setelah tandukan Clement Lenglet, yang bermaksud untuk membuang bola, malah divoli oleh sang gelandang asal Serbia dari jarak 16 meter.

Messi sempat mencetak gol kedua untuk memperkecil ketertinggalan Barca, namun VAR menganulirnya karena Griezmann telah lebih dulu terperangkap dalam posisi off-side dalam pembangunan peluang tersebut.

Dengan kekalahan ini, Barcelona berpotensi disalip oleh rival utamanya, Real Madrid, yang bermain menghadapi Real Betis beberapa jam setelah pertandingan ini selesai.

Susunan Pemain

Levante (4-3-1-2): Aitor Fernandez; Miramon, Postigo, Vezo, Clerc; Melero, Radoja, Campana (Cabaco 87′); Bardhi (Rochina 62′); Morales (Vukcevic 82′), Mayoral.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Semedo; Vidal (Busquets 65′), F. De Jong, Arthur (Fati 67′); Messi, Luis Suarez (C. Perez 41′), Griezmann.

Artikel Tag: Levante, Barcelona, La Liga