Pengertian Bancassurance, Model Bisnisnya, dan Keuntungannya

Food & Travel



Bancassurance adalah produk asuransi yang dipasarkan melalui layanan bank. Jadi, bank bakal menawarkan produk asuransi kepada nasabahnya sendiri.
Umumnya, jenis asuransi yang ditawarkan dapat berupa asuransi jiwa, kesehatan, hingga properti. Bicara soal bancassurance, kamu gak cuma bisa mendapatkan berbagai produk asuransi di bank, lho.
Melalui Lifepal, kamu bisa menemukan asuransi kesehatan dengan premi murah dan berbagai asuransi lainnya.
Lantas, apa sih perbedaan bancassurance sama asuransi pada umumnya? Dalam artikel ini kita bakal membahas tentang pengertian dan sejarah bancassurance, model bisnis, manfaatnya, sampai perbedaannya dengan asuransi biasa.
Apa itu bancassurance?
Bancassurance adalah produk hasil kerja sama bank dengan perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi memasarkan produknya lewat perusahaan asuransi. 
Bisa dibilang kerja sama ini adalah simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan antara perusahaan asuransi, bank, dan nasabah sendiri. 
Keuntungan bagi nasabah antara lain:

Lebih gampang mencari perusahaan asuransi
Mendapat dua pelayanan sekaligus di satu tempat
Sejumlah bank memberikan kemudahan kredit, seperti kartu kredit dan kredit pemilikan rumah, bagi nasabahnya yang ikut bancassurance

Menurut laporan The Finance, bisnis bancassurance di Indonesia terus bertumbuh. Ini artinya semakin banyak nasabah yang menjadi pesertanya.
Bancassurance diperkenalkan di Indonesia oleh Bank Lippo. Pada 1990-an, Bank Lippo bersama Lippo Life (sekarang AIG Life) meluncurkan Warisan. Kini, sudah banyak jenis asuransi yang satu ini di Tanah Air, di antaranya:

BRI-BRIngin Life
BCA-AIA
Bank Mandiri-AXA Mandiri Life
Bank Victoria-Jiwasraya
Bank Danamon-Manulife
BNI-BNI Life

Masing-masing produk memiliki fitur sendiri-sendiri. Yang pasti, konsumen utama mereka adalah nasabah bank masing-masing…. KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

The post Apa Itu Bancassurance? Ini Bedanya dengan Asuransi Biasa appeared first on Lifepal Media.

banner-ad