Pengin Rekam Jantung? Ini Biaya EKG di Rumah Sakit [2020]

Food & Travel


Pemeriksaan EKG hadir untuk mengetahui penyebab jantung berdebar, bahkan terasa nyeri. Lantas, berapa biaya EKG bila ingin mengetahui kondisi kesehatan jantung kita?

Biaya EKG menjadi pertanyaan siapa saja yang ingin mengecek salah satu organ tubuh sangat vital ini bila terkena gangguan serta masalah. 

Jika jantung terasa mengalami gangguan, pemeriksaan EKG hadir untuk menelaah lebih jauh dan canggih apa penyebab jantung terasa berdebar, bahkan nyeri.

Jika dibandingkan dengan pemeriksaan lainnya, biaya EKG bisa dibilang terjangkau. Harganya tergantung rumah sakit dan peralatan yang digunakan.

Untuk mengeceknya, yuk ketahui pemeriksaan EKG lebih dalam di sini!

Apa itu elektrokardiogram (EKG)?

Electrocardiogram (ECG) atau elektrokardiogram (EKG) merujuk pada pemeriksaan sederhana yang tujuannya untuk mengukur irama dan aktivitas listrik jantung. Pernahkah kamu mendengar istilah rekam jantung? Nah, EKG sama dengan rekam jantung. 

banner-ad

Tahu gak kalau setiap kali jantung kamu berdetak, ada aliran listrik yang mengalir dan memicu kontraksi otot jantung. Kontraksi otot inilah yang menyebabkan jantung mampu memompa darah ke seluruh tubuh. 

Pada tindakan pemeriksaan EKG, aliran listrik jantung direkam oleh mesin dan hasilnya akan diperiksa apakah menunjukkan gangguan atau kerusakan.

Berapa sih biaya EKG? Sama seperti pemeriksaan lainnya, biaya elektrokardiogram bisa berbeda-beda tergantung klinik dan fasilitas kesehatannya. Umumnya, biaya pemeriksaan ini di rumah sakit swasta dimulai dari Rp500 ribu.

Pemeriksaan elektrokardiogram

Sebenarnya apa sih kegunaan dan persiapan pemeriksaannya? Apakah ada risiko yang ditimbulkan? 

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

The post Pengin Rekam Jantung? Ini Biaya EKG di Rumah Sakit [2020] appeared first on Lifepal Media.