Punya Fitur V2L, Hyundai Ioniq 5 Ibarat Powerbank Berjalan

Tech & Otomotif


Bandung — Melakukan aktivitas di luar ruang seperti camping bersama Hyundai Ioniq 5 terasa ditemani powerbank berjalan berkat keberadaan fitur Vehicle to Load atau yang disingkat V2L.

V2L Hyundai Ioniq 5

Fitur V2L pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5 memungkinkan pengguna memperoleh dan menggunakan daya listrik dari mobil hingga sebesar 3,6 kWh. (Foto: Carmudi)

Keberadaan fitur V2L pada Hyundai Ioniq 5 memungkinkan pengguna memperoleh dan menggunakan daya listrik dari mobil hingga sebesar 3,6 kWh. Penggunaanya bisa untuk mengalirkan daya listrik ke bermacam-macam barang elektronik yang diinginkan.

Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengungkapkan adanya kecocokan antara fitur ini dengan karakter konsumen Indonesia yang suka petualangan dan kebersamaan.

“Kami memahami bahwa masyarakat Indonesia adalah orang-orang yang menyukai petualangan dan kebersamaan, dan nuansa positif dalam kebiasaan tersebut dapat semakin dioptimalkan berkat dukungan teknologi canggih yang Hyundai sajikan,” katanya.

banner-ad
V2L Hyundai Ioniq 5 (1)

(Foto: Hyundai)

HMID pun membuktikan langsung cara kerjanya di sela kegiatan test drive Hyundai Ioniq 5 bagi kalangan media, Selasa (21/6/2022) di Bandung.

Terdapat 3 unit mobil yang digunakan untuk menjadi sumber tenaga barang-barang elektronik.

Fitur V2L Hyundai Ioniq 5 Kuat untuk Menyalakan 4 Treadmill

Mobil pertama diberi tugas menunjang kompor listrik, dua teko listrik, dan dua coffee grinder dengan total kebutuhan daya hampir 3.200 watt.

Mobil kedua digunakan untuk menjadi sumber tenaga empat mesin treadmill yang totalnya membutuhkan daya listrik sekitar 2.500 watt.

Lalu mobil ketiga digunakan menunjang barang-barang elektronik yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung, contohnya sistem audio dan lampu-lampu dekorasi dengan total 3.400 watt.

Vehicle to Load pada Hyundai Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Di samping itu, fitur ini juga bisa digunakan di dalam kabin kendaraan lewat keberadaan port yang terletak di bawah kursi penumpang baris kedua. Penggunaannya bisa dilakukan bahkan ketika mobil sedang berjalan.

Keberadaan port V2L di dalam kabin akan sangat bermanfaat bagi mereka yang tak bisa lepas dari barang elektronik, misalnya laptop untuk memenuhi pekerjaannya.

Sebagai catatan, fitur ini hanya tersedia pada Hyundai Ioniq 5 Signature baik Standard Range ataupun Long Range yang masing-masing dijual Rp779 juta dan Rp829 juta.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Post Views: 26