Remaja Asal Karawang Juara di Kejuaraan Dunia Kano Thailand

Sports


Jumat, 17 November 2023 – 19:04 WIB

Thailand – Remaja asal Karawang Timur, Arip Purnama (17) meraih juara pada Kejuaraan Dunia Kano Stand Up Paddle (SUP) 2023 yang diselenggarakan International Canoe Federation (ICF) atau organisasi induk kano dunia di Pattaya Thailand.

Anak bungsu dari lima bersaudara ini memenangkan kejuaraan dunia di nomor perlombaan sprint junior 200 meter pada Kamis 16 November. Dirinya menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 54,32 detik.

Catatan waktu tersebut membuat siswa kelas 11 SMAN 1 Ciampel meraih medali emas dan disusul pedayung asal Perancis, Vaic Garioud, 54,72 detik peraih medali perak.

Kemudian di posisi ketiga ditempati pedayung Yunani, Andreas Voulgaris dengan catatan waktu 55,08 detik.

Di urutan 4 hingga 8 ditempati atlet China Bole He, Sergio Cantoral dari Spanyol, Quinn Pirrit dari Selandia Baru, Augusto Garcia dari Spanyol, dan Nikolaos Malekakis dari Yunani.

banner-ad

Baca Juga :


SSB Batu Tongkok Plampang Juara Turnamen Sepakbola Usia Dini

Atlet Indonesia, Arif Purnama ikuti Kejuaraan Dunia Kano di Thailand

Sebelumnya Arip Purnama dalam Kejurnas Dayung tahun lalu 2022 meraih medali emas nomor technical dayung SUP padahal baru sepekan mencoba dayung perahu SUP di kawasan wisata Waduk Cipule yang berjarak 400 meter dari tempatnya tinggalnya.

Setelah itu Arip juga meraih medali emas nomor technical dan sprint dalam kejuaraan dayung SUP di Lampung pada Juni 2023.

Prestasi itulah yang mendorong sebuah perusahaan yang memproduksi matras memberikan bea siswa bagi Arip Purnama sejak tahun lalu. Arip Purnama berlomba lagi Sabtu (18 November) dalam nomor technical junior men 1000 meter.

Ketua Harian Pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Cabang Karawang Jawa Barat, Irwan Setiawan, mengatakan Arip Purnama adalah warga Karawang pertama yang berhasil menyandang gelar juara dunia.

Sekretaris KONI Karawang, Rahmat Gunadi menyambut keberhasilan Arip Purnama menjadi juara dunia dayung Stad Up Paddle.

Menurut dia Arip itu jelas atas nama Indonesia, dan khususnya PODSI Kabupaten Karawang.

“Kami akan memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi Arip Purnama, termasuk jaminan bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi jalur prestasi melalui program Karawang Cerdas,” kata dia.

Indonesia mengikutsertakan 12 atlet dayung SUP lainnya ke Kejuaraan Dunia SUP ICF di Thailand 15-19 November 2023.

Ke-12 atlet tersebut adalah Aidah Sitianingsih, Aisyah Al Zuba, Septenandow Horomati, Mifathudin Parid, Devie Milayantie, Lukas Bekko, Silvester Tandagi, Elfanto Tan, Jane Djuarahadi, Abhirama Prabowo, Anita Boentarman, dan Mohamad Zulkifli.

Kontingen yang dipimpin Ketua SUP Indonesia Heriyanto didampingi pelatih Ryco Arnaldo dan mereka dilepas Menpora RI Dito Ariotedjo yang didampingi pegiat SUP Susi Pujiastuti di Ancol, Jakarta Utara, Minggu 12 November. (Ant)

Baca Juga :


Palangka Raya Harum di Mata Dunia Lewat UCI MTB World Championship 2023