Revenue adalah Income? Ini Definisi dan Pebedaan Keduanya

Food & Travel


Buat para pebisnis khususnya yang baru terjun, mengetahui revenue adalah apa dan profit gimana sangatlah penting. Sebab, kedua istilah tersebut sering kali tertukar dan ada pula yang kurang mengerti.

Nah, sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis, ada baiknya buat kamu paham benar istilah-istilah yang ada. Dengan gitu, bisnis bakal berjalan lebih lancar karena kamu bisa mengukur setiap pencapaian kamu, khususnya soal revenue dan profit.

Pasalnya, beberapa orang sering salah kaprah menyamakan hal ini adalah sebuah profit. Padahal, revenue dan profit adalah hal yang cukup berbeda.

Revenue adalah pendapatan

Yang pertama, mari ketahui definisi revenue. Secara singkat, revenue adalah pendapatan. Pendapatan sendiri merupakan pemasukan yang diterima oleh perusahaan atau usaha kamu dalam kurun waktu tertentu.

Pendapatan tersebut berasal dari penjualan barang atau jasa dari bisnis kamu. Selain dari penjualan, hal ini juga bisa berasal dari investasi maupun deposito. Namun, hal ini biasanya komponen pengeluaran berupa operasional biasanya belum dihitung.

Inilah yang membedakan antara keduanya. Sementara itu, profit sendiri merupakan keuntungan. Secara sederhana, profit merupakan angka dari hasil pengurangan antara pendapatan dan biaya lain misalnya modal atau operasional.

banner-ad

Perlu diketahui, profit sendiri masih terbagi jadi dua kategori. Berikut penjelasanya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id: 

1. Gross profit alias keuntungan kotor

Gross profit atau keuntungan kotor profit yang dihasilkan setelah pengurangan biaya terkait langsung dengan proses produksi barang atau jasa. Contoh, biaya bahan baku dan upah karyawan.

2. Net profit alias keuntungan bersih

Keuntungan bersih ini adalah profit yang dihasilkan setelah pengurangan biaya yang gak berkaitan langsung dengan proses produksi. Contohnya, biaya pajak, biaya promosi, dan lain sebagainya.

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

The post Revenue adalah Income? Ini Definisi dan Pebedaan Keduanya appeared first on Lifepal Media.