Ronaldo dan Messi Tunjukkan Kemapanan di Kompetisi Domestik 2018-2019

Sports




MESKI sudah berusia kepala tiga, bukan berarti level permainan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mengalami penurunan. Bahkan, dua pesepakbola itu terlihat semakin matang ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini, baik Messi dan Ronaldo tercatat sebagai top skor di kompetisi domestik mereka masing-masing. La Pulga –julukan Messi– mengoleksi 22 gol dari 22 pertandingan di Liga Spanyol 2018-2019. Sementara itu, Ronaldo mendulang 19 gol dari 24 penampilan di Liga Italia 2018-2019.

Lionel Messi

banner-ad

Saat ini, Messi dan Ronaldo tercatat sebagai pesepakbola yang terlibat lebih dari 25 gol di kompetisi domestik mereka masing-masing. Messi terlibat dalam 34 gol yang dibuat Barcelona, yang mana ia mengemas 22 gol dan 12 assist.

BACA JUGA: Ronaldo Tak Hadiri Pesta Ulang Tahun Bernardeschi, Ada Apa?

Sementara itu, Ronaldo terlibat dalam 29 gol yang dikemas Juventus, dengan perincian 19 gol dan 10 assist. Catatan tersebut bahkan tak mampu disamai pesepakbola lain. Selain Ronaldo dan Messi, tidak ada satu pun pesepakbola yang mampu terlibat lebih banyak gol ketimbang dua nama tersebut di empat kompetisi top Eropa (Spanyol, Inggris, Italia dan Jerman).

Akan tetapi, jika diluaskan ke lima kompetisi top Eropa, Messi dan Ronaldo mendapatkan saingan. Saingan itu datang dari penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe. Pesepakbola 20 tahun itu tampil luar biasa bersama PSG.

Cristiano Ronaldo

Dari 17 penampilan di Liga Prancis 2018-2019, Mbappe mengemas 18 gol dan 8 assist, alias sudah terlibat dalam 26 gol. Karena itu, bisa dibilang Mbappe merupakan pesepakbola yang dipercaya dapat menyamai atau bahkan melewati level Ronaldo-Messi suatu hari nanti.

(Ram)