Sambut Idul Adha, Ini Lho Resep Tengkleng Kambing Ala Chef Hotel Berbintang

Food & Travel


Surabaya – Olahan makanan dengan bahan dasar kambing bakal banyak ditemui di momen Idul Adha. Salah satunya adalah Tengkleng Kambing.

Tetapi bagaimana menghadirkan sajian Tengkleng Kambing yang nikmat dan tidak menebar aroma khas kambing? Dolimin, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya secara khusus berbagi tips masak Tengkleng Kambing.

Menurut Chef Dul –sapaan akrab Dolimin, semua bagian tubuh kambing bisa jadi olahan Tengkleng ini. Sedang bumbu yang digunakan untuk olahan masakan sup khas Kota Solo ini dominan rempah sehingga membuat tubuh makin hangat.

Rempah yang dipakai antara lain lengkuas, jahe, kunyit, serai, kemiri, pala, dan cengkeh. Selain itu, juga ada tambahan santan sehingga masakan ini makin sedap saat disantap.

Disinggung soal cara menghilangkan aroma khas kambing, Chef Dul menyatakan sebelum dimasak, daging kambing bisa dibungkus daun pepaya sekitar 30 menit terlebih dulu.

“Atau bisa pula dilumuri dengan nanas. Selain bisa bikin daging kambing tidak beraroma menyengat, nanas juga bisa bikin daging kambing terasa empuk,” paparnya.

banner-ad

Cara lainnya, lanjut Chef Dul, adalah menghilangkan lemak pada bagian daging kambing. “Lemak ini biasanya memang bikin aroma daging kambing jadi menyengat, jadi sebaiknya dihilangkan dulu sebelum dimasak,” pesannya.

Chef Dul menambahkan, Tengkleng adalah hidangan turun-temurun yang sering disajikan dalam acara keluarga.

Menu Tengkleng sendiri sudah ada sejak masa penjajahan di Solo. Ketika itu banyak warga yang menggunakan sisa tulang dan jerohan yang tidak dimakan oleh kaum bangsawan.

“Dinamakan Tengkleng karena masakan ini dulunya diletakkan di piring yang terbuat dari gebreng atau seng yang mengeluarkan bunyi ‘kleng, kleng, kleng’ sehingga tercetuslah nama makanan Tengkleng,” ujar Melly Aruni, Marcomm Quest Hotel Darmo – Surabaya.(ris)