Tak Bisa Lupa, Kiper Ini Kenang Gawangnya Dibobol Maradona lewat Tendangan Salto

Sports


SALAH satu kiper legendaris Italia, Gianluca Pacchiarotti, menceritakan momen terbaiknya saat pernah menghadapi Diego Maradona. Pacchiarotti yang kala itu bermain untuk Pescara melawan klub Napoli pada 1984.

Sebagai sosok yang pernah berhadapan langsung dengan Maradona, Pacchiarotti juga merasa turut kehilangan dengan kepergian bintang Argentina tersebut. Ia pun mencoba mengenang pertemuannya dengan Maradona.

Diego Maradona

Pertemuan keduanya yang perdana terjadi di Coppa Italia 1984, di mana itu musim perdana Maradona bergabung dengan Napoli. Pada laga itu, Maradona mencetak gol spektakuler dengan cara salto untuk melengkapi kemenangan Napoli dengan skor 3-0.

banner-ad

Meski mengalami kebobolan, Pacchiarotti juga memiliki kebanggaan tersendiri dalam laga tersebut. Sebab, ia merasa senang karena berhasil penyelamatan dengan menahan tembakan-tembakan dari Maradona.

Baca juga Museum Maradona di Napoli, Altar Suci sang ‘Malaikat Pelindung’

“Itu adalah pertandingan resmi ketiga Maradona di Italia, ini pertama kalinya ia datang ke Pescara. Ada antisipasi besar di media, karena ia baru saja tiba setelah negosiasi yang sangat panjang,” ungkap Pacchiarotti, mengutip dari Goal, Minggu (29/11/2020).

“Benar-benar sebuah peristiwa. Napoli menang, mereka punya pemain hebat. Saya ingat segalanya tentang permainan itu, itu indah,” tambahnya.

“Saya selalu suka menonton kembali pertandingan itu, karena selain kebobolan gol saya, saya juga berhasil melakukan penyelamatan bagus melawan pemain hebat. Meski kami tertinggal dua gol, dan kami juga gagal mengeksekusi penalti saat 0-3, saya menghentikan empat tembakan dari Diego,” imbuhnya.

“Saya pikir saya telah melakukannya (menahan Maradona). Kemudian ia mengembalikan bola dengan punggung ke gawang di tengah area dan mengubahnya dengan tendangan bycycle,” sambungnya.

Diego Maradona

“Saya mencoba menghentikannya dengan kaki kanan saya, tetapi saya tidak bisa. Bagaimanapun, itu adalah gol yang hebat,” lanjutnya.

Pacchiarotti yang saat ini bekerja sebagai pelatih penjaga gawang merasa senang dengan pertandingannya melawan Maradona. Bahkan ia mengaku terpesona dengan kecerdasan Maradona dalam mengolah si kulit bundar.