Tips Mewarnai Rambut untuk Pria Sehari-hari – Mas-Kulin.com

Fashion & Grooming


Hai bro, apakah lo tertarik untuk mengganti warna rambut lo? Sedang mencari tips mewarnai rambut biar hasilnya maksimal?

Punya penampilan yang keren adalah idaman semua orang. Dengan tampilan yang menarik, lo akan punya nilai lebih di mata orang lain.

Maka dari itu, orang-orang rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk membuat dirinya terlihat beda. Kalau lo juga tertarik mengubah penampilan, salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mewarnai rambut.

Mungkin selama ini aktivitas mewarnai rambut lebih identik dengan wanita. Tetapi seiring perkembangan zaman, para pria pun sudah lazim melakukan hal yang sama.

Ada beberapa proses yang perlu dilakukan ketika lo ingin mengutak-atik warna rambut agar mendapatkan hasil maksimal. Tidak sekedar mengoleskan cat rambut, tetapi sebaiknya juga melakukan bleaching terlebih dahulu.

Bleaching adalah proses mengeluarkan pigmen asli rambut, yaitu warna hitam yang diproduksi oleh sel melanin dengan menggunakan bahan kimia. Proses ini juga punya tingkatan atau level tertentu, tergantung bagaimana hasil akhir yang ingin lo dapatkan.

banner-ad

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang tips mewarnai rambut untuk pria serta apa saja hal lain yang perlu diperhatikan, sebaiknya lo ketahui dulu keuntungan punya rambut berwarna di bawah ini.

 

Keuntungan Mewarnai Rambut

Sebenarnya, ada banyak keuntungan yang bisa lo dapatkan secara langsung ketika memutuskan untuk mewarnai rambut. Namun satu hal yang perlu dicermati, lo sebaiknya mengeksekusi dengan tepat agar hasilnya juga tidak asal-asalan.

Berikut beberapa contoh keuntungan yang dimaksud. Check this out!

 

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Belakangan ini, salah satu sifat negatif yang sering dialami oleh anak-anak muda baik itu pria maupun wanita adalah merasa insecure dengan penampilan. Mereka merasa dirinya jauh dari sempurna sehingga tidak percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Sebenarnya hal semacam ini normal-normal saja. Tetapi jika berlarut-larut dan menjadi kecemasan akut, maka efeknya bisa berbahaya.

Untuk mengatasi sifat insecure terhadap penampilan diri sendiri, mewarnai rambut bisa dijadikan opsi utama. Lo akan terlihat beda dan punya point of view yang menarik di mata orang lain.

Secara tidak langsung, lo akan lebih percaya diri ketika bersosialisasi. Bahkan yang sering terjadi justru orang lainlah yang aktif untuk memulai pembicaraan karena menilai lo sebagai pribadi yang unik dan tidak monoton.

 

2. Menunjukkan Identitas dan Kepribadian

Ada banyak cara untuk menunjukkan identitas dan kepribadian. Mewarnai rambut termasuk salah satu diantaranya.

Warna rambut tertentu bisa memunculkan kesan unik di mata orang lain. Sebagai contoh dengan memilih warna rambut terang, lo akan dicap sebagai orang yang enerjik dan easy going.

Atau kalau lo termasuk salah satu fans k-pop, warna rambut juga bisa merepresentasikan hal tersebut. Cobalah untuk mengganti warna rambut sesuai tampilan idola lo, misalnya silver atau merah.

 

3. Terlihat Lebih Stylish

Tidak bisa dipungkiri kalau rambut merupakan obyek pusat perhatian dan bisa mengubah seluruh penampilan. Kalau selama ini lo lebih sering dianggap pribadi yang kaku, cobalah untuk mengubah persepsi tersebut dengan cara mewarnai rambut.

Follow Instagram Mas Kulin

Yang paling penting, sebaiknya lo sesuaikan warna rambut dengan tone
kulit. Pemilihan warna yang tepat pastinya akan membuat tampilan lo semakin menarik dan stylish.

Orang-orang yang selama ini hanya memandang sebelah mata mungkin akan bersikap beda ketika lo hadir dengan appearance baru. Dengan kata lain, cukup dengan mengganti warna rambut saja ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan secara instan.

 

Cek juga: Inspirasi Gaya Rambut Pria Korea untuk Gaya Sehari-hari

 

Hal Penting Ketika Ingin Mewarnai Rambut

Setelah mengetahui apa saja keuntungan mewarnai rambut, tidak ada salahnya kalau lo segera mencoba melakukannya. Tetapi satu hal yang tidak boleh diabaikan, ada beberapa hal penting dalam proses pewarnaan tersebut.

Istilah lainnya adalah efek samping. Karena bahan yang dipakai umumnya mengandung zat kimia tertentu, maka tetap ada kemungkinan resiko saat pemakaiannya.

Maka dari itu, simak dulu pembahasan berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam proses mewarnai rambut, khususnya bagi para pria di bawah ini. Let’s see!

 

1. Reaksi Alergi

Alergi kulit kepala
Sumber: freepik.com

Alergi adalah salah satu efek samping yang paling sering terjadi ketika mewarnai rambut. Namun level keparahannya berbeda-beda, tergantung seberapa tinggi tingkat sensitivitas kulit lo.

Reaksi alergi timbul akibat kandungan zat kimia dalam bahan pewarna rambut yang ternyata tidak bisa ditolerir oleh kulit. Gejala yang acap kali terjadi adalah gatal-gatal di kulit kepala dan warnanya menjadi kemerahan.

Hal tersebut disebabkan karena zat kimia bernama para phenylenediamine (PPD). Namun kembali lagi ada atau tidaknya alergi tersebut tergantung dari jenis kulit tiap-tiap orang.

Maka dari itu sebelum mewarnai rambut menggunakan zat kimia, sebaiknya coba lo aplikasikan dulu bahan tersebut di sekitar kulit telinga. Biarkan dulu selama 12-24 jam dan amati reaksi yang terjadi.

Kalau memang tidak nampak gejala apapun, berarti cat rambut tersebut aman untuk digunakan. Namun kalau yang terjadi justru sebaliknya, sebaiknya urungkan niat menggunakan produk itu dan cari bahan lain yang lebih aman.

 

2. Iritasi Mata

Iritasi mata akibat pewarna rambut
Sumber: firsteyecaredfw.com

Hal berikutnya yang bisa terjadi kalau lo tidak cermat memilih cat rambut adalah mengalami iritasi mata. Efek buruk semacam ini juga dipicu oleh kandungan bahan kimia pada produk yang dipakai.

Penyebabnya adalah zat kimia tersebut akan meresap ke kulit kepala dan berefek pada syaraf. Kalau sampai terkena jaringan syaraf yang berhubungan dengan mata, maka akan membuat mata memerah dan lebih buruknya lagi menjadi bengkak.

Contoh bahan kimia pada cat rambut yang berefek langsung terhadap mata adalah hydrogen peroxide. Jika sampai terkena mata, efeknya akan terasa perih seperti tersengat.

 

3. Memicu Penyakit Berbahaya

Pewarna rambut dapat memicu penyakit berbahaya
Sumber: joshrharrison.com

Efek paling buruk dari pemakaian pewarna rambut yang tidak aman adalah memicu munculnya penyakit berbahaya seperti kanker. Penyebabnya adalah kandungan bahan karsinogenik seperti diethanolamine (DEA) dan monoethanolamine (MEA).

Ada pula studi lain yang menyebutkan bahwa pemakaian cat rambut abal-abal bisa memicu penyakit kandung kemih serta mengganggu keseimbangan hormon. Maka dari itu, selalu pastikan bahwa produk yang lo pakai tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan terbukti secara sains aman digunakan dalam jangka waktu tertentu.

 

Cek juga: Apa Benar Pomade Merusak Rambut Kita?

 

Bahan Pewarna Rambut Alami

Agar lebih aman dan meminimalisir efek samping, lo bisa menggunakan bahan pewarna rambut alami. Bahan-bahan yang akan dijelaskan dalam poin-poin di bawah ini bisa lo dapatkan dengan mudah dan juga murah.

Apa saja contoh bahan pewarna rambut alami tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

1. Kopi

Kopi untuk mewarnai rambut

Mungkin banyak orang belum tahu kalau ternyata kopi bisa digunakan untuk memberikan warna pada rambut. Cara pemakaiannya pun terbilang cukup mudah.

Pertama, lo tinggal siapkan bubuk kopi secukupnya. Kemudian campurkan dengan conditioner dan aduk sampai merata.

Usapkan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut. Diamkan kurang lebih selama 60 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan shampo.

Amati perbedaan warna rambut lo setelah proses tersebut beres. Lo juga bisa mengulangi prosesnya beberapa kali sampai mendapatkan warna rambut sesuai keinginan.

 

2. Wortel

Tips mewarnai rambut dengan wortel

Selain enak dikonsumsi, wortel juga cukup efektif digunakan sebagai pewarna rambut alami. Warna yang bisa didapatkan adalah jingga agak kemerah-merahan.

Untuk mencobanya, langsung saja haluskan beberapa buah wortel. Selanjutnya campurkan dengan minyak kelapa atau zaitun sampai mendapatkan kekentalan yang pas.

Balurkan bahan tersebut ke seluruh bagian rambut hingga merata. Lalu tutup rambut dengan shower cup dan diamkan sekitar 1 jam.

Langkah terakhir, lo tinggal membilasnya dengan air atau cuka apel. Lihat perubahan yang terjadi dan kalau memang kontrasnya belum terlalu terlihat, tinggal ulangi saja proses tersebut.

 

3. Lemon

Cara mewarnai rambut dengan alami dengan lemon

Kalau lo tertarik mengganti warna rambut dengan nuansa sun-kissed, lemon bisa menjadi alternatif. Perlu diketahui, air lemon ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk proses bleaching alami.

Caranya yaitu dengan menyemprotkan air perasan lemon ke rambut. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari sembari lakukan penyemprotan ulang.

Diamkan rambut beberapa saat agar air lemon meresap sempurna. Jika sudah dirasa cukup, tinggal bilas dengan air bersih.

 

4. Teh Hitam

Tips mewarnai rambut untuk pria dengan teh hitam
Sumber: medicalnewstoday.com

Selain mewarnai rambut, mungkin lo juga ingin membuat rambut terlihat lebih hitam. Bahan alami yang bisa digunakan adalah teh hitam.

Bahan yang satu ini pastinya cukup mudah didapatkan. Lo hanya perlu merebus teh tersebut sampai mendidih.

Kemudian tunggu sampai airnya dingin dan semprotkan hasil rebusan teh hitam ke rambut. Untuk memperoleh warna hitam maksimal, lo bisa lakukan penyemprotan ulang setiap harinya.

 

5. Henna

Henna bahan alami untuk mewarnai rambut
Sumber: dreamstime.com

Mungkin selama ini lo hanya tahu henna sebagai pewarna kuku saja. Padahal bahan alami yang satu ini juga ampuh dipakai sebagai pewarna rambut.

Warna yang akan lo dapatkan adalah merah cerah. Bahkan banyak orang yang menyebut kalau pemakaian henna di rambut juga bisa menambahkan nutrisi nabati.

Cara pakainya, campurkan henna dan air hangat dan aduk perlahan. Selanjutnya, tutup rapat campuran tersebut dan diamkan selama 12 jam.

Jika sudah, oleskan pada rambut dalam kondisi basah secara perlahan sampai merata. Kemudian tutup rambut agar tidak terkontaminasi setidaknya selama 2-6 jam.

Setelah itu, bilas rambut dengan shampo. Lo juga bisa menambahkan conditioner
agar kelembutan dan tekstur rambut tetap terjaga.

 

Cek juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

 

Tips Pemakaian Cat Rambut

Untuk mengganti warna rambut dengan cat rambut, lo tidak perlu pergi ke barbershop atau meminta bantuan hair stylish. Supaya lebih hemat dan praktis, tidak ada salahnya kalau lo mencoba mewarnai rambut sendiri.

Namun sebaiknya lo perhatikan dulu penjelasan langkah-langkah di bawah ini agar hasilnya tidak zonk dan mendapatkan warna rambut sesuai keinginan.

 

1. Pilih Warna yang Cocok

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih warna yang cocok. Lo bisa sesuaikan dengan tone kulit dan outfit yang biasa dipakai sehari-hari.

Yang tidak kalah penting, perhatikan durasi cat rambut tersebut. Kalo lo adalah tipe orang yang suka bereksperimen dengan warna rambut, sebaiknya pilih produk yang bertahan beberapa minggu saja agar lebih mudah diganti warnanya.

 

2. Siapkan Peralatan

Setelah mendapatkan produk terbaik, siapkan peralatan yang diperlukan. Misalnya saja mangkuk, kuas, sarung tangan plastik dan handuk sebagai pelapis.

Setelah semua peralatan siap, lo bisa segera memulai proses pewarnaan rambut. Tetapi jangan lupa untuk mengetes produk tersebut lebih dulu agar tahu apakah nantinya menimbulkan efek iritasi dan alergi atau tidak.

 

3. Mewarnai Rambut Secara Merata

Lo bisa mengaplikasikan cat rambut secara langsung atau melakukan bleaching terlebih dahulu. Hal ini tergantung dari hasil akhir yang ingin didapatkan, apakah shading atau colouring total.

Proses pewarnaaan dimulai dari batang rambut karena bagian ini perlu waktu yang lebih lama untuk berubah warna. Pastikan selalu berhati-hati untuk meminimalisir efek alergi di kulit kepala.

Setelah itu, barulah lanjutkan perlahan ke bagian ujung rambut sampai benar-benar merata. Kalau sudah, pakai shower cup agar proses oksidasi rambut berjalan maksimal minimal selama 30 menit.

 

Cek juga: Jenis-Jenis Kemeja Pria untuk Inspirasi Gaya Sehari-hari

 

Nah itulah ulasan mengenai tips mewarnai rambut untuk kaum pria biar penampilan makin kece dan tentunya gak norak.

Namun, perlu lo ingat juga bahwa mewarnai rambut terlalu sering dengan bahan non-alami berpotensi merusak rambut dan menyebabkan kerontokan atau bahkan kebotakan dini. Gw sarankan agar lo mengatur frekuensi pewarnaan rambut lo untuk menjaga kesehatan rambut lo ya.

Biar lo lebih aware dengan kesehatan rambut, lo bisa coba baca juga tulisan gw di sini mengenai cara menjaga kesehatan rambut untuk pria.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar scrub wajah pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com