Tips Sederhana Merawat Mobil Sendiri Agar Tetap Prima

Tech & Otomotif


Sebagian karyawan masih bekerja dari rumah, berarti ada peluang untuk merawat mobil sendiri saat ada waktu luang maupun usai menyelesaikan pekerjaan. Perawatan mobil secara rutin sangat penting dilakukan agar kondisinya tetap prima pada saat digunakan.

Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT SIS, ada beberapa hal penting dan paling sederhana yang dapat dilakukan ketika merawat mobil sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel.

Merawat Mobil Sendiri

Segera cuci mobil usai terkena hujan.

Membersihkan Mobil

Membersihkan eksterior maupun interior mobil sangat penting untuk menjaga penampilan dan kenyamanan di kabin saat berkendara. Membersihkan mobil sebaiknya dilakukan minimal dua minggu sekali.

Selain itu, demi memberikan kenyamanan lebih, sebaiknya keluarkan barang-barang yang tidak perlu dan sampah dari dalam mobil. Ini juga bertujuan supaya kabin terlihat lebih bersih.

banner-ad

Gunakan sabun cuci khusus ketika mencuci dan gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat.

Mesin Suzuki Ertiga 2018

All New Suzuki Ertiga dibekali mesin tipe K15B berkapasitas 1.462 cc

Memanaskan Mesin Mobil

Selama bekerja di rumah, mobil akan jarang digunakan. Oleh karena itu sediakan waktu untuk menyalakan mesin agar oli dapat bersikulasi dengan baik. Mesin mobil tak perlu dipanaskan setiap hari, cukup dua hari sekali saja.

Memanaskan mesin mobil pun tidak perlu terlalu lama, sekira 5-10 menit saja.

Komponen Mobil

Saat memanaskan mobil jangan lupa perhatikan indikator komponen di Multi-Information Display (MID). Jika ada yang menyala maka dapat dipastikan komponen tersebut mengalami masalah.

Interior Suzuki Ignis GX (Foto: Suzuki)

Selain itu, lakukan pemeriksaan komponen lain secara manual seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, dan lampu kendaraan.

Jangan Biarkan Mobil Terlalu Lama Diam

Jika ada waktu luang, tidak ada salahnya Anda menggunakan mobil setidaknya 10 menit, supaya mobil tidak terlalu lama diam di garasi, agar mobil dapat melakukan pengisian aki dengan lebih maksimal.

Selain itu, membawa mobil berkendara juga dapat menghindari terbentuknya flat spot atau deformasi ban yang disebabkan beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik.

All New Ertiga

All New Ertiga (Foto: Carmudi)

“Kami harap pengguna Suzuki tetap dapat melakukan kegiatan yang dapat mengisi waktu senggang, salah satunya merawat mobil sendiri. Melakukan perawatan mobil sendiri tentu menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan. Perawatan bertujuan untuk menjaga mobil dalam kondisi prima. Sehingga saat beraktivitas kembali, kita tidak perlu khawatir ada masalah dalam perjalanan,” tutup Hariadi.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Post Views: 2