Toyota akan Lakukan Daur Ulang Mobil, Bagaimana Maksudnya?

Tech & Otomotif


Inggris — Toyota dikabarkan sedang berencana mempersiapkan program daur ulang mobil yang sudah melampaui batas waktu pemakaian tertentu. Daur ulang kendaraan tersebut dimaksudkan agar masyarakat bisa memakainya secara berkelanjutan.

Dilansir dari laman Autocar, President and Managing Director Toyota Great Britain Agustin Martin mengatakan bahwa rencana ini merupakan wujud komitmen pabrikan terhadap konsep Kinto.

“Kami sangat akrab dengan siklus dua hingga tiga tahun penggunaan mobil baru di Inggris, namun kami harus tahu apa yang akan terjadi pada siklus kedua dan ketiga dari setiap mobil bekas yang ada,” ujarnya.

daur ulang mobil toyota

(Foto: Toyota)

Daur ulang mobil yang dimaksud adalah dengan melakukan banyak perbaikan besar dengan mengganti suku cadang agar mobil terlihat seperti baru sehingga masa pakainya pun jadi lebih lama.

banner-ad

“Setidaknya setelah mobil dipakai 10 tahun, kami akan membawa kendaraan kembali ke pabrik untuk diperbarui. Kami akan memberikan standar terbaik untuk memastikan pengguna kedua memiliki kendaraan seperti baru sebaik mungkin,” sambung Agustin.

Setelah daur ulang mobil kedua, Toyota akan menyarankan kepada pemilik agar melakukan daur ulang ketiga setelah beberapa waktu untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat dampak dari produksi kendaraan baru.

Lantas, bagaimana proses daur ulang mobil Toyota yang akan dijalankan ini?

Menurut Agustin, Toyota akan mengganti banyak komponen lama dengan yang baru, termasuk pada bagian mesin, baterai, body parts, dan lainnya.

spesifikasi toyota bz4x daur ulang mobil toyota

“Kami hingga saat ini masih mempersiapkan bagaimana daur ulangnya. Bagaimana kami memakai komponen penting yang berbeda dan bisa digunakan kembali. Lalu bagaimana nantinya material kendaraan baru yang akan dipakai di pabrik. Kami sedang memikirkan hal tersebut,” jelasnya.

Besar kemungkinan mobil yang akan menjadi proyek daur ulang tersebut adalah Toyota bZ4X.

Toyota pun mengakui bahwa performa baterai mobil listrik bZ4x akan menurun 90% dalam waktu 10 tahun.

Rencana daur ulang kendaraan ini sendiri diakui masih akan terus disempurnakan oleh Toyota di Inggris dan belum akan ditetapkan dalam waktu dekat.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Post Views: 1