5 Manfaat Fitur NFC di Ponsel, Bisa Bagi Kontak hingga Pembayaran Digital

Tech & Otomotif


JAKARTA– Fitur near field communication (NFC) mungkin sudah banyak ditemui di smartphone masa kini. Pada dasarnya fitur ini menyediakan koneksi nirkabel antara ponsel dan perangkat lainnya dari jarak dekat.

Teknologi NFC ini juga menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim dan menerima data melalui gelombang radio dengan kecepatan tinggi ketika memegang ponsel berdekatan satu sama lain.

Fitur ini juga bisa menjadi penunjang untuk memaksimalkan aplikasi yang membutuhkan NFC seperti tranfer data hingga pembayaran digital. Untuk lebih jauhnya berikut 4 manfaat fitur NFC pada ponsel, diikutip dari rilis Oppo Indonesia, Jumat (23/7/2021).

1. Membagikan Kontak

NFC memungkinkan pengguna untuk mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain tanpa harus memasukkan detail secara manual. Untuk melakukan ini, buka Kontak yang ingin kamu bagikan, lalu sentuh ponsel secara bersamaan dan pilih untuk mengirim. Kontak yang kamu kirim akan disimpan ke Daftar Kontak di perangkat lain.

5 Manfaat Fitur NFC di Ponsel

banner-ad

BACA JUGA:

– YouTube Umumkan Fitur Shorts di Indonesia, Ini Cara Aksesnya

– Corning Bikin Gorilla Glass Khusus Kamera Ponsel, Samsung yang Pertama Adopsi?

2. Mengirim Gambar atau Video

Untuk mengirim foto atau gambar dari ponsel kamu ke perangkat lain, buka Gambar di aplikasi gambar pilihanmu, tempatkan bagian punggung perangkat bersamaan, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

3. Mengirim Dokumen

Apabila kamu ingin mengirim buku online, PDF, atau dokumen lain, maka kamu dapat menggunakan Android Beam. Temukan dokumen di ponselmu, lalu buka menu Settings dan pilih Share > Android Beam. Dekatkan kedua perangkat, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

4. Membagikan Aplikasi

Kamu tidak dapat mengirim aplikasi secara langsung ke ponsel orang lain. Akan tetapi, ketika kamu membuka aplikasi dan menyentuhkan ponselmu bersamaan, kamu bisa mengarahkannya untuk membuka aplikasi Play Store sehingga mereka dapat mengunduh dan memasangnya sendiri. Jika ponsel lain sudah memiliki aplikasi yang di-install, kamu dapat membukanya dengan mengirimkannya dari ponselmu.

5. Pembayaran Melalui Ponsel

Kamu harus mengunduh dan memasang Google Pay terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran melalui ponsel yang memiliki NFC. Pasang aplikasinya dan pastikan detail pembayaran anda disimpan, kemudian pegang ponselmu di dekat alat pindai pembayaran dan tekan Bayar untuk membayar. Kamu dapat melakukan pembayaran dengan menekan bagian belakang ponsel dengan perangkat apa pun dengan logo pembayaran.

Contoh: mesin scan pembayaran atau POS machine, kereta, transportasi umum, dan lainnya. Kamu tetap perlu berhati-hati dan mematikan NFC saat tidak digunakan untuk menghemat baterai dan menghindari kemungkinan risiko keamanan.