Baby Oil, Banyak Manfaat Untuk Perawatan Kendaraan

Tech & Otomotif


Cairan baby oil punya banyak manfaat untuk perawatan kendaraan (foto: Tokopedia)

Jakarta – Perawatan rutin kendaraan, baik mobil atau motor sebenarnya relatif mudah. Bahkan, dengan perlengkapan kosmetik sehari-hari bisa membuat tampilan kendaraan tetap menarik dan terawat. Salah satu contohnya yaitu baby oil untuk perawatan kendaraan.

Pelembab yang diperuntukkan untuk merawat kulit bayi ini, ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan ringan. Cairan ini memang serba-guna, bisa mengusir kotoran, sampai mencegah kusam hingga getas.

Ketimbang harus membawa mobil ke salon untuk perawatan, kita bisa memakai baby oil apabila mendapati body terkena getah pohon. Sebab, baby oil ternyata memiliki bahan yang aman untuk cat kendaraan. Baby oil bisa jadi cairan multifungsi karena sifat pelembab pada baby oil mampu mencegah kusam dan getas pada material seperti karet dan plastik.

Lantas, apa saja fungsi mujarab baby oil itu untuk kendaraan? Yuk kita ulas satu persatu.

Merawat Cat Doff

Cat matte bisa tetap mulus hanya dengan baby oil (Foto: Honda)

Cat matte atau doff pada mobil dan sepeda motor memunculkan kesan sangar dan tegas. Namun, cat doff tentunya punya kekurangan. Salah satunya, kotoran dan debu mudah melekat di body. Itu karena permukaan cat tipe matte memiliki tekstur yang sedikit kasar bila diraba.

Kebalikan dari cat metalik yang halus dan mengkilap. Permukaan cat doff ini rentan muncul bercak putih baik karena debu menempel ataupun sisa air yang tidak kering dibilas.

banner-ad

Penampilan sangar dari cat matte bisa berubah jorok apabila bercak putih ini tidak segera disingkirkan. Anda tidak perlu khawatir, baby oil bisa mengatasi noda mengganggu ini.

Cukup oleskan baby oil ke seluruh permukaan bodi berwarna doff. Oleskannya, pakai kain lap yang memiliki serat lembut. Teteskan baby oil pada permukaan lap kemudian oleskan secara merata dengan cara ditekan dan diputar, seperti saat melakukan compound agar kotoran seperti debu dan bercak terangkat bersih.

Sisa baby oil yang masih menempel pada body juga jangan dibiarkan begitu saja. Perlu dilap sampai bersih agar tidak tertempel debu dan kotoran. Caranya cukup ulangi seperti saat pertama pembersihan, namun lakukan dengan kain lap baru yang masih kering.

Dengan begitu, cat doff bisa kembali bersih dan bercak putih yang menempel hilang. Makin maksimal lagi, cuci seluruh bodi pakai shampoo yang memang diperuntukkan buat kendaraan. Hasilnya, cat matte alias doff kembali mulus seperti baru.

Baby Oil Untuk Membersihkan Ruang Mesin Kendaraan

Mesin MINI John Cooper Works 2020. (Foto: Carmudi/Yongki)

Kebersihan ruang mesin seringkali luput dari pengamatan kita. Apalagi ketika memasuki musim hujan, ruang mesin menjadi lebih mudah kotor. Membersihkannya tidak boleh sembarangan, karena pada ruang mesin banyak terdapat komponen elektrikal kendaraan.

Cairan pembersihnya pun khusus, tidak bisa sembarangan memakai air sabun seperti mencuci bodi dan kolong kendaraan. Karena pada ruang mesin banyak komponen elektronik yang tidak terlindungi, dan mudah bermasalah jika terkena air bertekanan tinggi.

Daripada kita ribet membeli cairan khusus pembersih mesin sayangnya cukup mahal dan hanya tersedia di toko otomotif, maka alternatif murah meriah mantap, baby oil bisa jadi solusi.

Cukup dengan lap basah yang dicampur sedikit baby oil dan keringkan dengan chamois. Usap baby oil utamanya pada panel berbahan plastik dan karet di mesin, seperti cover engine, selang radiator, dan sejenisnya. Baby oil berfungsi membuang kotoran dan membuat komponen mesin dari plastik atau karet tak mudah kusam dan pecah-pecah.

Pada bagian mesin ini, kita tidak perlu membilasnya kembali memakai air sabun seperti pada bagian body. Cukup seka dengan lap bersih sampai tidak ada lagi sisa baby oil yang menempel.

Baby Oil Bisa untuk Merawat Karet Wiper dan Karet Pintu Mobil

Karet wiper bisa lebih awet dengan cara diolesi baby oil (foto: Carmudi)

Kandungan pelembab yang ada pada baby oil bisa mencegah getas pada karet. Ini pastinya bisa bermanfaat untuk panel-panel karet pada mobil, seperti karet pintu, wiper, dan sebagainya.

Normalnya, karet wiper diganti setiap enam bulan sekali atau setahun dua kali. Bahkan, proses penggantian bisa lebih cepat apabila kondisi karetnya telah getas. Adanya lapisan pelembab dari baby oil membuat karet senantiasa elastis.

Periode penggantian pun bisa lebih panjang dan tentu biaya perawatan akan lebih hemat. Pada karet pintu, baby oil membuat kekenyalannya bisa lebih awet.

Anda bisa oleskan baby oil pada karet wiper setelah dicuci atau sebelum berpergian. Anda tidak perlu cemas soal kandungan kimia pada baby oil karena tidak berbahaya untuk karet mobil.

Cara ini murah dan mudah ketimbang menggunakan pelembab karet. Cairan tersebut harganya cukup mahal dan tidak dijual di sembarang toko. Ketimbang sulit mencari penjual pelembab karet, lebih mudah ke toko kelontong dekat rumah membeli baby oil bukan?

Membersihkan Dashboard dan Panel Interior

Desain dashboard Isuzu MU-X I-Series. (Foto: Carmudi/Yongki)

Interior mobil didesain sedemikian rupa supaya memancarkan kesan nyaman sekaligus berkelas. Bahkan, interior juga menjadi salah satu identitas utama suatu mobil.

Panel-panel yang bersih mengkilap tentu enak dipandang, dan membuat suasana perjalanan kian nyaman. Seiring waktu dan pemakaian, panel-panel interior bisa kotor dan bahkan kusam. Menghadapi kondisi demikian, tidak perlu terburu-buru membawa mobil ke salon mobil untuk memoles kabin jadi kilap kembali.

Coba dahulu dengan bersihkan kembali panel yang tampak kotor dan kusam memakai baby oil. Cairan ini juga bisa digunakan membersihkan bagian panel dengan lapisan kulit atau aksen kayu.

Peralatannya juga sangat mudah, hanya baby oil, lap microfiber dan tisu dalam melakukan proses pembersihan ini. Selain itu, proses perawatan ini juga aman dan mudah dilakukan.

Langkah pertama yaitu membasahi tisu dengan baby oil, kemudian usapkan pada bagian dasbor hingga merata. Pekerjaan ini mungkin membutuhkan banyak tisu kalau ukuran dasbor yang ingin dibersihkan cukup luas.

Bila masih terlihat kurang bersih, bisa diulangi lagi prosesnya dari awal secara merata ke seluruh bagian panel. Selesai mengoleskan baby oil, keringkan panel dengan menyeka sisa minyak yang menempel dengan lap microfiber kering dan bersih. Baby oil yang tidak lekas dibersihkan bisa menimbulkan efek mengkilap yang tidak serasi atau belang.

Di mobil yang memakai head unit dengan layar sentuh, pasti kita sering merasa jengkel karena layarnya mudah kotor akibat sidik jari. Tak usah khawatir, kalian bisa membersihkan layar dan panel sentuh dengan mudah menggunakan baby oil. Kamu cukup membersihkan layar dan panel sentuh di mobil menggunakan baby oil dan tisu atau kain microfiber.

Caranya, oleskan baby oil menggunakan tisu atau kain microfiber pada layar tape secara perlahan dan merata kemudian dikeringkan menggunakan tisu atau lap kering. Layar sentuh pada head unit mobil milikmu pun sudah bersih dan mengkilap kembali.

Baby oil akan menambah kilap dashboard dan membuatnya terlihat seperti baru. Cairan ajaib ini juga menghilangkan bercak-bercak air kemudian menciptakan lapisan waterproof pada kulit atau panel kayu. Sebagai bonus, panel akan beraroma wangi yang tidak menyengat dari bekas baby oil tadi, sehingga kabin terasa nyaman.

Menutup Retak Halus di Spidometer Motor

Spidometer motor lawas yang sudah kusam bisa kembali cerah hanya memakai baby oil (foto: Carmudi)

Motor yang sudah cukup berumur dan sering terjemur panas matahari tak jarang mengalami retak-retak halus di mika spidometernya. Bila sudah begini, akan membua kalian sulit memantau indikator kecepatan ataupun bahan bakar di motor.

Saran yang sering digunakan oleh bengkel umum yaitu dengan mengoleskan oli bekas ke permukaan mika spidometernya. Namun, tentu tidak semua orang suka cara itu karena akan terkesan jorok. Supaya retak halus itu bisa tetap hilang tapi motor tidak terkesan jorok, maka baby oil jadi obat mujarab.

Caranya gampang, cukup membersihkan spidometer terlebih dahulu. Setelah itu oleskan baby oil pada bagian spidometer yang rusak. Ratakan secara perlahan di seluruh permukaan mika spidometer, dan baby oil akan mengisi retak-retak halus pada permukaan mikanya.

Setelah itu, didiamkan beberapa saat agar baby oil meresap di retakannya. Agar tidak terkesan lengket, sisa-sisa baby oilnya tinggal dilap pakai tisu atau lap kering. Setelah semua proses selesai, mika spidometer motor kesayanganmu pun akan kembali mulus.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana