Beat Street Modif Terbaru Berbagai Aliran Konsep

Tech & Otomotif


Penggemar motor Beat Street modif tak ada habisnya dari waktu ke waktu. Skuter matik Honda ini pada dasarnya memang sudah memiliki penampilan yang menarik. Namun, akan lebih istimewa lagi jika mendapatkan ubahan sesuai keinginan para pemiliknya.

Beat Street Modif

Skuter matik kecil dengan setang telanjang sempat booming di Indonesia. Diawali oleh meluncurnya Yamaha X-Ride 125 pada tahun 2013. Pada saat itu Yamaha memposisikan produk tersebut sebagai matik cross pertama di Tanah Air

Sesuai namanya, skuter matik ini memiliki penampilan yang mengarah seperti motor trail. Namun, bukan Yamaha X-Ride yang akan dibahas kal ini. Melainkan produk sejenis dari pabrikan berlampang sayap mengepak, yaitu Honda Beat Street.

Keduanya bisa dikatakan sejenis karena menawarkan karakter yang mirip. Akan tetapi Honda mengambil langkah yang lebih praktis dalam menghadirkannya karena masih menggunakan bodi Honda Beat yang sudah dikenal luas. Hanya saja menggunakan setang yang terbuka.

Honda Beat Street Terbaru

banner-ad

(Foto: AHM)

Beat Street resmi mengaspal pada 2016. Berbeda dengan Yamaha X-Ride yang tampil dengan nuansa off-road, Beat Street justru lebih urban. Hal itu terlihat dari desain bodinya yang dihiasi oleh semacam grafiti.

Kemudian pada tahun 2020 pabrikan menghadirkan generasi baru dari Beat Street. Apa bedanya? Spesifikasinya tentu mengikuti Beat generasi baru yang sudah menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) dan mesin eSP anyar.

Hal tersebut diikuti perubahan-perubahan lain, seperti lampu depan LED, lekuk-lekuk bodi baru, dan desain panel instrument lebih modern dengan latar belakang cahaya biru. Tak kalah penting, mesin Beat Street terbaru juga ikut meningkat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Beat Street Modif Terbaru

Secara umum Beat Street sudah memiliki penampilan yang menarik. Namun, pastinya ada banyak pemilik yang belum puas dengan kondisi apa adanya. Berangkat dari hal tersebut kemudian lahirlah Beat Street modif dengan berbagai macam gaya atau aliran.

Sebagai contoh, Carmudi coba mengumpulkan beberapa tampilan Beat Street yang dirangkum dari berbagai sumber di internet. Para pemilik bisa menjadikannya sebagai inspirasi dalam melakukan ubahan, tanpa harus meninggalkan aspek keselamatan dan aturan yang berlaku.

1. Beat Street Modif Simpel dengan Kaki-Kaki Jangkung

Beat Street Modif 1

(Foto: Google)

Modifikasi yang satu ini terlihat simpel tanpa adanya banyak perubahan pada bodi kendaraan. Namun, dapat dilihat kaki-kaki skuter matik ini bertambah jangkung dari normalnya.

Kemungkinan besar pemiliknya doyan melakukan petualangan atau touring dengan Beat Street miliknya. Apalagi jika melihat adanya lampu tambahan yang menempel di setang.

Hal yang patut diapresiasi ialah kelengkapan wajib berkendara, seperti pelat nomor, kaca spion, dan lampu sein masih tetap menempel.

2. Beat Street Modif dengan Pemasangan Handguard

Beat Street Modif 2

(Foto: Google)

Modifikasi tidak harus besar-besaran. Penambahan komponen yang sederhana juga bisa meningkatkan tampilannya. Contohnya pada Honda Beat berwarna silver ini yang jika dilihat secara sekilas tampak terlihat masih standar.

Namun, jika diperhatikan dengan seksama pada bagian setangnya sudah menggunakan handguard yang umumnya ditemui menempel pada motor trail. Warna handguard yang dipilih juga tidak terlalu mencolok sehingga tetap terlihat elegan.

3. Beat Street Modif Konsep Touring

Beat Street Modif 3

(Foto: Google)

Jika melihat livery-nya, kemungkinan besar motor ini adalah Honda Beat versi standar yang setangnya ditelanjangi. Namun, yang perlu digarisbawahi ialah konsep touring-nya juga bisa menjadi inspirasi bagi para pemilik Beat Street.

Penerapannya terbilang maksimal dengan penggunaan pelek jari-jari, windshield, box belakang, hingga sepatbor atas yang menempel di hadapan lampu depan.

4. Modifikasi Honda Beat Jadi Motor Trail

(Foto: Google)

Pemilik motor Beat Street yang satu ini dapat dipastikan adalah penggemar off road atau motocross. Tercermin dari ubahan pada Beat Street modif miliknya yang sangat kental aura motor trail.

Ubahan paling nyata terlihat ialah penggunaan ban bancul di depan dan belakang. Selain itu, ukuran roda depannya juga tampak lebih besar dari normalnya. Sementara itu untuk menambah ground clearance, body bagian bawah terlihat sudah dilepas.

5. Modifikasi Honda Beat Bergaya Supermoto

(Foto: Google)

Tak kalah menarik ialah Beat Street modif dengan gaya supermoto. Sektor kaki-kaki dibuat agak jangkung seperti halnya motor trail, tapi menggunakan ban jalan raya. Dengan begitu motor jadi terlihat berotot dan sporty.

Apalagi untuk contoh di atas pemilik terlihat ikut memasang crashbar di sekeliling bodi depan dipadukan dengan windshield yang cukup lebar.

Nah, di atas tadi adalah beberapa contoh Beat Streat modif yang bisa jadi inspirasi bagi para pemilik untuk melakukan ubahan. Di luar itu tentu saja masih banyak contoh modifikasi lainnya yang tak kalah menarik.

Secara teknis Beat Street sendiri memiliki spesifikasi yang mumpuni sebagai skuter matik harian. Untuk mengenalnya lebih dekat mari simak detail spesifikasi Beat Street terbaru di bawah ini.

Spesifikasi Honda Beat Street

Mesin
Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC, eSP
Volume Langkah109.5cc
Sistem Suplai Bahan BakarInjeksi (PGM-FI)
Diameter X Langkah47 x 63,1 mm
Tipe TranmisiOtomatis, V-Matic
Rasio Kompresi10 : 1
Daya Maksimum8,8 hp @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum9,3 Nm @ 5.500 rpm
Tipe StarterElektrik & kick Starter / Elektrik (Tipe Smart Key)
Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Rangka
Tipe RangkaUnderbone – eSAF
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 – 14 M/C – Tubeless
Ukuran Ban Belakang90/90 – 14 M/C – Tubeless
Rem DepanCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
Sistem PengeremanCombi Brake System (Tipe CBS dan CBS-ISS)
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi1.877 x 742 x 1.030 mm
Tinggi Tempat Duduk740 mm
Jarak Sumbu Roda1.251 mm
Jarak Terendah Ke Tanah145 mm
Curb Weight95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey)
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar4,2 L
Kapasitas Minyak Pelumas0,65 Liter (Penggantian Periodik)
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau AkiBeAT Street MF 12V-3Ah
Sistem PengapianFull Transistorized
Tipe BusiNGK MR9C-9N

Harga Honda Beat Street

Pada saat ini Beat Street dijual dengan harga Rp18.276.000. Harga tersebut terpantau lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu Yamaha X-Ride yang ditawarkan Rp19.400.000.

Selain itu sebenarnya masih ada satu motor lagi yang mengusung gaya serupa, yaitu Suzuki Nex Crossover. Namun, Beat Street tetap yang paling murah karena produk Suzuki tersebut dijual Rp19.495.000.

Informasi selengkapnya untuk harga Beat Street dan varian Beat lainnya dapat disimak di bawah ini.

ModelHarga
BeAT CBSRp17.620.000
BeAT StreetRp18.276.000
BeAT CBS ISSRp18.326.000
BeAT DeluxeRp18.472000

Demikian ulasan mengenai Beat Street modif beserta spesifikasi dan harga. Pada dasarnya Beat Street sudah memiliki desain yang menarik. Oleh karena itu pemilik tak perlu bingung dalam urusan penampilan.

Modifikasi sah-sah saja untuk dilakukan agar penampilan kendaraan terlihat lebih unik. Namun, pastikan untuk selalu mengedepankan faktor keselamatan dan tak melupakan kelengkapan wajib berkendara.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Post Views: 29