Biaya Ganti Kampas Rem Motor, Ternyata Murah Banget

Tech & Otomotif


Banyak pemilik sepeda motor mengira biaya ganti kampas rem mahal, sehingga memilih untuk menunda mengganti komponen tersebut.

Padahal jika sudah mengetahuinya, mereka otomatis akan kaget dengan besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk ganti kampas rem sepeda motor. Sebab, ternyata biayanya tak semahal yang mereka pikirkan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai biaya, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu cara mengecek dan ciri-ciri kampas rem motor mulai menipis.

Cara Mengecek Kampas Rem Motor

Sebelum mengganti, cari tahu dahulu apakah kampas rem di sepeda motor sudah mulai menipis atau belum. Seandainya kampas rem masih tebal, rasanya tak perlu diganti.

Bagi Carmudian yang ingin melakukan pengecekan secara mandiri, ada beberapa cara yang bisa dipraktekkan.

Pertama, posisikan sepeda motor dengan standar tengah agar tegak. Tujuannya untuk memudahkan pengecekan.

banner-ad
biaya ganti kampas rem motor

Cek kampas rem, agar sistem keamanan di musim hujan tetap terjaga

Setelah itu lihat bagian tabung minyak rem, jika minyak rem sudah mendekati level low artinya kampas rem sudah mulai habis.

Cara ini bisa digunakan untuk rem yang sudah memakai cakram baik di depan maupun belakang.

Sementara untuk sepeda motor yang masih memakai tromol, cara pengecekannya bisa melihat indikator di dekat tutup tromol. Di mana terdapat tanda panah bernama wear lining yang bisa menginfokan jika kampas sudah habis.

Apabila tanda panah mulai dekat ke tutup tromol, mungkin saja kampas sudah mau habis.

Ciri Kampas Rem Mulai Habis

Kampas rem yang sudah mulai menipis atau mau habis, punya beberapa ciri yang bisa dirasakan langsung oleh pemilik sepeda motor.

Pengereman Lebih Dalam

Ketika sedang melakukan pengereman, pengemudi merasa tuas rem begitu enteng dan harus menekan dalam-dalam untuk memperlambat laju kendaraan.

Bila mengalaminya, Carmudian wajib curiga, bisa jadi kampas rem mulai menipis atau sudah mau habis.

biaya ganti kampas rem motor

Gantung kopling, kebiasaan yang membuat kampas aus

Kampas yang masih tebal biasanya pengendara tidak perlu menekan tuas rem terlampau dalam ketika hendak melakukan pengereman.

Bunyi Berdecit

Ciri kedua yang biasanya dialami adalah bunyi berdecit ketika sedang mengerem. Umumnya kampas yang masih tebal tidak akan menghasilkan suara apapun ketika melakukan pengereman.

Nah, jika terdengar bunyi yang sedikit aneh, sebaiknya Carmudian memeriksa bagian kampas. Bisa saja bunyi tersebut disebabkan karena adanya gesekan antara kampas rem yang sudah habis dengan cakram.

Cakram Tipis

Jika didiamkan dalam waktu lama ketika kampas sudah habis, maka yang akan rusak adalah bagian piringan cakram.

Besi yang terdapat di kampas akan bergesekan dengan cakram, sehingga lama kelamaan cakram bisa menjadi tipis.

Bau Ketika Mengerem

Ciri lainnya keluar bau bau gosong atau sangit.

biaya ganti kampas rem motor

Mengendarai sepeda motor kopling manual (Foto: Yamaha)

Bau sangit ini disebabkan karena adanya gesekan dari kampas rem yang sudah tipis dengan tromol. Pada saat sedang berkendara, memang bau tidak akan tercium, tapi ketika sepeda motor sudah berhenti bau tersebut bisa tercium oleh pengendara.

Dalam kasus terparah, bagian tromol mengeluarkan asap akibat gesekan yang terjadi secara terus menerus dengan besi kampas rem.

Bila didiamkan, lama kelamaan bagian tromol yang akan rusak.

Biaya Ganti Kampas Rem

Pasang di Bengkel

Carmudian yang mau melakukan penggantian kampas rem sepeda motor bisa menyiapkan uang sekira Rp30 hingga Rp100 ribuan tergantung merek dan jenis sepeda motor.

Untuk mengganti kampas rem tak melulu harus di bengkel resmi, karena bengkel umum juga melayani penggantian kampas rem.

bengkel Sepeda Motor

Servis sepeda motor di bengkel resmi (Foto: YIMM)

Jika ingin melakukan penggantian kampas di bengkel, tentunya ada biaya tambahan untuk pemasangan. Menurut kami biaya jasa pemasangan yang dikenakan cukup terjangkau.

Biasanya berkisar Rp15 sampai Rp30 ribu di luar biaya spare part. Misalnya, harga kampas rem bagian roda depan Rp35 ribu, sedangkan biaya jasa Rp25 ribu.

Maka pemilik motor hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp60 ribu.

Pasang Sendiri di Rumah

Jika merasa bisa memasang sendiri di rumah jelas biaya yang dikeluarkan lebih sedikit lagi. Sebab pemilik sepeda motor hanya perlu membeli spare partnya saja.

Salah satu cara mendapatkan komponen kampas rem berharga murah, Carmudian bisa membelinya lewat toko online. Di toko online kampas rem untuk berbagai jenis dan tipe sepeda motor dijual dengan harga jauh lebih murah.

Namun, yang harus Carmudian perhatikan adalah, pastikan dahulu penjual menawarkan kampas rem yang asli alias bukan barang palsu atau KW.

biaya ganti kampas rem motor

Kampas Rem Kualitas tidak baik/Ilustrasi

Sebelum membeli, usahakan bertanya kepada penjual mengenai keaslian spare part yang dijual. Jangan lupa memastikan juga, apakah spare part tersebut sesuai dengan sepeda motor yang Carmudian punya atau tidak..

Jangan sampai, begitu sudah dibeli ternyata tidak cocok dengan sepeda motor yang ada di rumah.

Kisaran harga kampas rem di toko online berkisar Rp13 hingga Rp60 ribuan di luar ongkos kirim.

Bila dicermati selisih harganya cukup jauh ketimbang beli langsung di bengkel. Namun harus dipertimbangkan juga biaya pengirimannya.

Biaya ganti kampas rem sepeda motor memang tidak mahal, hanya saja mayoritas pemilik sepeda motor malas untuk membawa kendaraannya ke bengkel.

Padahal kampas rem merupakan salah satu komponen penting yang ada di sepeda motor. Apabila kampas rem sudah habis, maka pengereman menjadi tidak maksimal dan membahayakan pemilik motor itu sendiri.

Nah, setelah membaca artikel di atas, kira-kira Carmudian lebih memilih ganti kampas rem sepeda motor di bengkel atau menggantinya sendiri di rumah?

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Post Views: 20