Blue Origin Sukses Bawa Manusia ke Luar Angkasa Pertama Kali

Tech & Otomotif



JAKARTA– Perusahaan milik Jeff Bezos, Blue Origin akhirnya berhasil melakukan penerbangan manusia pertamanya pada hari ini, Selasa (20/7/2021) waktu setempat. Roket New Shepard milik perusahaan berhasil membawa empat penumpang di antaranya, sang pemilik, saudaranya, Mark Bezos, mantan calon astronot Wally Funk (82), dan anak konglomerat asal Belanda, Oliver Daemen (18).

“Selamat kepada semua Blue Team yang dulu dan sekarang, karena telah mencapai momen bersejarah ini (penerbangan awak pertama),” tulis Blue Origin di Twitter seperti dikutip, Selasa (20/7/2021).

Ini juga akan menandai dimulainya wisata luar angkasa untuk perusahaan tersebut. New Shepard diketahui lepas landas pada pukul 14:12 BST (09:12 EDT) dari situs peluncuran Blue Origin di dekat Van Horn, Texas. Mereka diterjunkan kembali ke gurun Texas Barat 11 menit kemudian.

Jeff Bezos dan tiga penumpang lainnya meluncur dengan kecepatan hingga 3.500 km/jam. Kemudian setelah lima menit, kapsul yang mereka tumpangi memisahkan diri. Mereka lalu mencapai garis Karman pada ketinggian 100 km.

Bezos dan tiga penumpang lainnya juga mengalami sekitar empat menit tanpa bobot, dan mampu melepaskan diri dari kursi mereka untuk melayang dan menikmati pemandangan planet Bumi jauh di bawah. Para astronot terdengar bersorak di dalam kapsul saat melewati garis Karmen.

Sebelumnya, pemilik Virgin Galactic, Richard Branson juga telah lebih dulu meluncur ke angkasa pada 11 Juli 2021. Sang miliarder juga akan meluncurkan wisata luar angkasa, dimana ada sekitar 600 orang yang memesan tiket pada penerbangannya. Selain itu, ada juga Elon Musk dengan perusahaannya, SpaceX yang juga berlomba untuk penerbangan luar angkasanya.

banner-ad

(nit)