Doa dan Usaha Maksimal Perlu Dilakukan Agar Bisa Punya Mobil

Tech & Otomotif


Usaha dibarengi dengan doa menjadi kunci utama bagi Carmudian yang bercita-cita punya mobil.

Memiliki mobil menjadi impian banyak orang. Tidak sedikit orang yang ingin sekali punya mobil pribadi untuk mempermudah mobilitas harian.

Kendaraan bermotor khususnya roda empat, memudahkan para pengguna untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Jika sudah memiliki keluarga, mobil dapat dipakai untuk mengantar anak ke sekolah ataupun pergi ke tempat liburan.

Cara Gadai BPKB Mobil

Butuh budget banyak untuk membeli mobil. (Foto: Xcelsiorloans)

Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, memiliki mobil pribadi tentu sangat membantu ketika ingin menuju ke tempat kerja atau berbelanja kebutuhan sehari-hari. Sebab, dapat mengurangi interaksi dengan orang lain dan terhindar dari kerumunan saat menunggu atau di dalam transportasi umum.

banner-ad

Namun, untuk memiliki mobil tentu tidak mudah, karena butuh uang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Sebagian orang yang bekerja mati-matian demi membeli mobil. Namun, meski sudah bekerja keras, masih ada orang yang merasa pendapatan mereka masih belum cukup untuk membeli mobil.

Bagi mereka yang beragama, tentu jangan hanya usaha saja yang dipertebal, tapi juga harus dibarengi dengan doa. Dengan berdoa, semua harapan termasuk memiliki mobil bisa saja dikabulkan oleh yang Maha Kuasa. Usaha yang sudah dilakukan pun tidak berakhir sia-sia.

Oleh karena itu, selain bekerja keras, sebaiknya juga berdoa agar bisa punya mobil sesuai dengan keinginan.

Bacaan Doa Punya Mobil

Mungkin beberapa dari Carmudian masih ada yang belum tahu apa doa punya mobil.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini bacaan doa bagi Carmudian yang beragama Islam.

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.”

Bacaan doa punya mobil. (Foto: Istimewa)

Doa ini mempunya arti “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan). Jika Engkau kehendaki, pasti akan menjadi mudah.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3:255)

Cobalah untuk membaca doa ini secara rutin, mudah-mudahan sang Maha Kuasa mau mengabulkan permohonan dari umatnya yang taat.

Ada juga doa lain agar bisa punya mobil, yaitu “Allahumma robbal bait. As aluka bijahi ahlil bait. An tuyassiro li khoiro bait Hatta laa naquul laiit.”

Carmudian bisa membaca doa tersebut sebelum tidur. Jika ingin mengetahui berapa banyak bacaan doa dengan mudah, Carmudian dapat mengandalkan tasbih.

Jika doa ingin dilakukan secara rutin, sebaiknya membatasi berapa banyak bacaan doa setiap harinya.

Di sisi lain, Sang Maha Kuasa senang pada hambanya yang suka membagikan rezeki pada sesama. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memberikan sedekah pada orang-orang yang membutuhkan, seperti anak yatim piatu, pemulung dan sebagainya.

Diskon PPnBM 100% diperpanjang

Diskon PPnBM 100% diperpanjang, harga mobil baru batal naik (Foto: Auto2000)

Saat memberikan sedekah kepada anak yatim piatu, bisa diusap kepalanya dengan lembut dan mengucapkan dalam hati bahwa Carmudian mempunyai keinginan yaitu mempunyai mobil.

Mudah-mudahan dengan melakukan hal tersebut, Sang Maha Kuasa mendengarkan keinginan Carmudian.

Amalan Pendukung Agar Doa Terkabul

Selain berdoa dan bersedekah, Carmudian perlu melakukan amalan pendukung, seperti membaca dzikir setiap pagi dan sore.

Jika Carmudian beribadah sendirian di rumah, sebaiknya mengubah kebiasaan beribadah tersebut dengan melakukan ibadah di masjid terdekat.

Selama beribadah, pastikan melakukannya dengan khidmat dan khusyuk, serta tidak memikirkan hal-hal lain.

Sebagai umat Islam, sebaiknya saat ingin mengharapkan sesuatu, terus berusaha, berdoa, bersedekah, serta dzikir.

Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut, serahkan sisanya kepada yang Maha Kuasa. Kemungkinan besar keinginan mempunyai mobil bisa terkabul.

Tips Memilih Mobil

berburu mobil bekas

Tips memilih mobil. (Foto: LoveToKnow)

Carmudian sebaiknya membekali diri dengan pengetahuan tentang mobil sebelum benar-benar membelinya, supaya tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari.

Berikut beberapa tips memilih mobil yang bisa Carmudi terapkan:

Sesuaikan dengan Bujet

Bujet merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat ingin membeli sesuatu, termasuk mobil. Jika memiliki bujetbesar, sebaiknya pilih mobil dari merek terkenal. Biasanya mobil yang ditawarkan mempunyai spesifikasi yang mumpuni.

Namun, jika bujet Carmudian kecil atau pas-pasan, tidak ada salahnya melirik mobil kelas menengah. Spesifikasi mobilnya pun tidak kalah bagus.

Intinya, pintar-pintar memilih, karena banyak mobil dengan spesifikasi bagus yanga da di pasaran.

Mobil seperti minibus atau MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah salah satu pilihan terbaik bagi yang sudah berkeluarga. Ukurannya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil alias berukuran sedang. Mobil ini biasanya dapat memuat 4 sampai 7 orang penumpang.

Cara Menghitung Konsumsi BBM Mobil dan Motor 01

(Foto: Bolt Blog)

Ketahui Konsumsi Bahan Bakarnya

Carmudian juga perlu mengetahui konsumsi bahan bakar dari mobil yang ingin dibeli. Sebab, harga bahan bakar cukup tinggi dan akan terus naik ke depannya.

Carmudian bisa cermati daya mesin mobil serta cc-nya, sehingga Carmudian bisa memperhitungkan kisaran bahan bakar yang dibutuhkan ketika menempuh suatu perjalanan.

Jangan lupa perbanyak membaca artikel atau informasi seputar mesin mobil.

Pilih Mobil yang Suku Cadangnya Mudah Didapat

Saat ingin membeli mobil, pastikan suku cadangnya mudah didapat. Ini beguna apabila sewaktu-waktu mobil Carmudian mengalami masalah dan harus bisa kembali normal dalam waktu singkat.

Banyak tidaknya suku cadang mobil yang dijual bergantung pada jumlah pengendara yang memakai merek suatu mobil. Oleh karena itu, jangan pilih mobil yang langka atau terlalu canggih, karena suku cadangnya sulit didapatkan dan harus dipesan atau diimpor terlebih dahulu dari produsen.

Selain itu, tanyakan suku cadang mobil kepada diler tempat Carmudian membeli mobil. Jika memungkinkan, bangun koneksi baik dengan diler tersebut. Sehingga, saat Carmudian butuh bantuan, bisa menghubungi diler yang bersangkutan.

Recall Mobil Daihatsu

Bengkel resmi Daihatsu terima uji emisi mobil (Foto: Daihatsu)

Ketahui Biaya Perawatannya

Tips terakhir, yaitu mengetahui biaya perawatan mobil yang ingin dibeli. Sama seperti manusia, mobil juga memerlukan perawatan supaya performanya tetap terjaga meski digunakan setiap hari

Besarnya biaya perawatan tergantung pada kompleksitas mobil itu sendiri. Semakin kompleks atau canggih mesin dan teknologi yang dibenamkan, biasanya akan semakin mahal biaya perawatan mobilnya.

Hal ini dikarenakan mobil tersebut membutuhkan maintenancekhusus agar dapat bekerja dengan baik. Kompleksitas ini juga memengaruhi harga suku cadang mobil.

Makanya, jangan lupa mempertimbangkan biaya perawatan mobil sebelum membelinya, jangan sampai membebani bujet Carmudian.

Baca Juga:

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Santo Sirait

Post Views: 17