Lebih Hebat De Gea atau Henderson? Begini Jawaban Mark Schwarzer

Sports


Berita Sepakbola: Mantan kiper Fulham, Mark Schwarzer, mencoba untuk membandingkan kualitas dua kiper Setan Merah, David De Gea dengan Dean Henderson di sepanjang musim ini. Menurut Schwarzer, siapa yang memiliki kualitas lebih baik?

De Gea sendiri selama ini dikenal sebagai penjaga gawang utama Manchester United. Namun dalam dua musim terakhir, performa kiper asal Spanyol itu mendapatkan sorotan tajam lantaran dinilai mengalami penurunan performa yang ditandai dengan melakukan beberapa kesalahan fatal yang membuat gawang timnya kebobolan.

Lain halnya dengan Henderson yang selama dua musim terakhir menjalani masa peminjaman di Sheffield United. Henderson yang belum pernah membela tim utama MU di laga kompetitif justru menunjukkan performa yang mengesankan. Setelah berhasil mengantarkan The Blades promosi ke Premier League di musim pertama, di musim 2019/20 sang kiper telah mencatatkan 11 kali clean sheet serta membantu timnya bersaing memperebutkan satu tiket ke kompetisi Eropa.

Saat diminta untuk membandingkan kualitas dua penjaga gawang tersebut, Schwarzer tak menampik bahwa De Gea dalam 18 bulan terakhir memang mengalami penurunan performa. Di sisi lain Schwarzer menyebut Henderson sebagai kiper dengan potensi luar biasa dan memiliki peluang untuk menggeser De Gea sebagai kiper nomor satu United di masa yang akan datang.

“Dalam 18 bulan terakhir, David De Gea telah melakukan banyak kesalahan dan hal itu jelas tak diharapkan bagi seorang penjaga gawang top. Pemain seperti dia [De Gea] selalu diharapkan bisa meraih kesuksesan namun standarnya kini belum mencapai titik tersebut,” ujar Schwarzer kepada BBC.

“Untuk seorang pemain top, penjaga gawang kelas dunia, selama satu musim dia tak boleh melakukan kesalahan yang membuat timnya kebobolan tak lebih dari dua kali. Namun dia melakukan lebih dari itu.”

banner-ad

“Di sisi lain mereka [Man United] juga memiliki Dean Henderson yang tampil sangat baikdi Sheffield United. Bahkan performanya telah menunjukkan dia tak mau hanya jadi pemanas bangku cadangan.”

“Manchester United akan membuat sebuah keputusan, apakah Henderson dianggap sudah cukup bagus untuk menjadi penjaga gawang nomor satu di United atau tidak. Namun yang jelas dia memiliki potensi,” pungkasnya.

Artikel Tag: David De Gea, Manchester United, dean henderson