PERISKOP 2021: Prediksi Mobil Baru yang Akan Meluncur di Indonesia

Tech & Otomotif


Mobil Baru 2021
Nissan boyong mobil baru 2021 yaitu Leaf (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Mobil baru 2021 menjadi salah satu kabar yang selalu ditunggu-tunggu oleh konsumen di Indonesia. Tahun lalu ada puluhan mobil baru yang meluncur, mulai dari Kia Seltos, New Toyota Kijang Innova, hingga Nissan Magnite.

Kebanyakan dari pabrikan mobil di Tanah Air meluncurkan mobil barunya secara online karena kondisi pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda segera berakhir.

Memasuki 2021 pandemi Covid-19 belum juga sirna. Belajar dari pengalaman 2020, nampaknya seremonial peluncuran mobil-mobil baru 2021 masih akan dilakukan secara onilne.

Terkait mobil baru 2021, sejumlah pabrikan mobil telah memberikan sedikit bocoran. Tetapi tidak sedikit pula yang masih menyimpan rapat informasi tersebut.

Berdasarkan rumor yang beredar beberapa bulan lalu, setidaknya ada enam mobil baru yang diprediksi meluncur sepanjang 2021.

Baca Juga:

banner-ad

Berikut ini daftarnya:

Daihatsu Rocky

Diperkenalkan pertama kali di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 di Jepang, Daihatsu Rocky dipastikan akan meluncur di Indonesia 2021.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani pada Februari 2020 lalu.

“Daihatsu Rocky produk kedua dari DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang akan disebut Rocky A-SUV, direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia pada 2021,” ungkap Ashitani.

Mobil baru 2021
Rocky dipastikan jadi mobil baru Daihatsu yang akan meluncur di Indonesia 2021 (Foto: Daihatsu)

Sekira tujuh bulan setelah pernyataan tersebut disampaikan atau tepatnya Oktober 2020, jagat media sosial diramaikan dengan sebuah foto kompak SUV tengah berada di jalan raya. Diduga bahwa mobil tersebut adalah Daihatsu Rocky yang sedang melakukan uji jalan.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi yang dikeluarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Bahkan setiap rekan-rekan media menanyakan soal kehadiran Rocky, pihak ADM selalu memberikan jawaban yang sama.

“Produk baru ketika waktunya nanti akan kami infokan. Kalau sekarang kami belum bisa komentar,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, pada Desember 2020.

Toyota Raize

Apabila Daihatsu Rocky masuk Indonesia, maka tidak menutup kemungkinan saudara kembarnya, Toyota Raize juga akan hadir. Kedua mobil ini debut dunia bersamaan di TMS 2019.

Sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM mobil Toyota masih menutup informasi soal SUV baru tersebut.

Di sela peluncuran New Toyota Agya pada Maret 2020, Kazunori Minamide, Marketing Director PT TAM sempat mengeluarkan penyataan bahwa untuk mendatangkan produk baru perlu adanya survei terlebih dahulu kepada konsumen di Indonesia.

Mobil baru 2021
Toyota Raize (Foto: Toyota)

“Kami selalu mempelajari permintaan konsumen. Kami dituntut untuk bagaimana selalu menyenangkan konsumen. Sayang sekali untuk saat ini kami belum memutuskan apa-apa hanya bisa menunggu kapan saat yang tepat (menghadirkan Toyota Raize),” kata Minamide.

Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kedunya dibangun menggunakan platform yang sama yaitu DNGA. Panjang Toyota Raize 3.995 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.695 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.525 mm. Mobil ini menawarkan kapasitas penyimpanan barang di bagasi belakang 369 liter.

Nissan Leaf

Nama Nissan Leaf sudah tidak asing lagi di telinga sebagian orang. Pasalnya, Nissan Indonesia telah sejak lama memberitahu akan memasarkannya bagi konsumen di dalam negeri.

Menunjukkan keseriusannya, Nissan telah beberapa kali memamerkan Leaf ke hadapan publik. Bahkan pabrikan asal Jepang itu juga sering melibatkan Leaf dalam beberapa kegiatan di Jakarta yang berhubungan dengan kendaraan ramah lingkungan.

Nissan Leaf sempat dijadwalkan masuk Indonesia 2020, karena berbagai alasan pihaknya memutuskan untuk menunda peluncurannya menjadi tahun ini.

Nissan Leaf
Nissan Leaf (Foto: NMI)

“Nissan Leaf akan kita bawa ke Indonesia, Nissan Leaf akan datang tahun depan,” ungkap Isao Sekiguchi selaku Presiden Direktur Nissan Indonesia, September 2020.

Leaf telah terdaftar di surat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Dari surat tersebut tercantum harga NJKB Nissan Leaf Rp529 Juta.

DFSK Gelora Mini Bus

Menyusul DFSK Gelora tipe blind van yang resmi dipasarkan pada November 2020, PT Sokonindo Automobile APM DFSK berencana mendatangkan Gelora tipe mini bus (MB) tahun ini.

Deputy Marketing Director PT Sokonindo Automobile, Major Qin dalam keterangan resminya dua bulan lalu mengatakan, DFSK Gelora tipe MB akan mulai dipasarkan pada awal tahun depan.

mobil DFSK
DFSK Gelora (Foto: Santo/Carmudi)

“Setelah kehadiran model blind van DFSK Gelora, DFSK akan segera meluncurkan model minibus di awal tahun 2021. Sedangkan untuk DFSK Gelora E masih akan menanti regulasi pemerintah terkait kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Major Qin.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Mitsubishi Pajero Sport facelift sudah meluncur lebih dahulu di Thailand pada Juli 2019. Namun hingga 2020 berakhir PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) APM mobil Mitsubishi belum juga mendatangkannya untuk pasar Indonesia.

Pajero Sport facelift sudah direncanakan masuk Indonesia, tetapi terkait kapan waktunya MMKSI masih merahasiakannya.

“Nantinya kami tentu akan memperkenalkan model ini untuk pasar Indonesia, namun untuk saat ini kami ingin konsumen menikmati model Pajero Sport yang saat ini telah sangat diapresiasi, yang juga telah memiliki model dan desain yang stylish serta futuristik setelah perubahan totalnya di tahun 2016,” ucap Nakamura, pada Juli 2019.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Terbaru (Foto: Bangkokpost)

Kemungkinan besar Pajero Sport facelift akan diluncurkan tahun ini. Mengingat pesaing terberatnya yaitu Toyota Fortuner terbaru telah meluncur Oktober lalu.

Mitsubishi Pajero Sport facelift yang dipasarkan di Thailand mendapatkan ubahan cukup banyak. Lewat perubahan yang dilakukan Mitsubishi membuat tampilan Pajero Sport terbaru semakin segar.

Renault Kiger

Mobil baru yang tidak lama lagi akan tiba di Indonesia adalah Renault Kiger. SUV satu ini siap meluncur bersamaan dengan gelaran pameran yang diadakan oleh Maxindo Renault Indonesia (MRI).

“Kiger nantinya adalah sebuah pelengkap dalam rangkaian lini produk Renault di Indonesia,” ungkap Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Renault Indonesia dalam keterangan resminya, bulan lalu.

Renault Kiger
Renault Kiger (Foto: Autocar India)

Renault Kiger akan bersaing ketat dengan Kia Sonet dan Nissan Magnite yang sudah lebih dahulu dipasarkan di Indonesia tahun lalu.

Selain daftar di atas, kemungkinan besar masih ada puluhan mobil baru lagi yang siap meramaikan pasar otomotif di Indonesia tahun ini.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas